Keluarga

Dari Alami hingga Ekstrem, Inilah 7 Cara Usir Tikus di Rumah sampai Mesin Mobil

Dari Alami hingga Ekstrem, Inilah 7 Cara Usir Tikus di Rumah sampai Mesin Mobil

MOMSMONEY.ID - Banyak tikus yang bersembunyi di rumah hingga mesin mobil Anda? Mari usir tikus dengan cara berikut ini, yuk.

Sebenarnya, ada begitu banyak cara untuk mengusir tikus. Namun, tak seluruhnya cara dapat efektif dilakukan.

Nah, berikut ini MomsMoney hadirkan sederet cara efektif usir tikus, mulai dari bahan alami hingga yang ekstrim dilakukan, melansir dari Klopmart, Pinhome, dan Lottemart, selengkapnya.

Ketahui tempat persembunyiannya

Sebelum mengusir tikus, pertama-tama Anda harus mengetahui dimanakah tempat persembunyiannya.

Tikus biasanya cenderung bersembunyi di tempat-tempat yang gelap dan sempit. Tempat persembunyiannya ini bisa jadi di loteng, dalam dinding, hingga mesin mobil.

Perhatikan baik-baik tempat yang memiliki sisa makanan, karena bisa jadi itu merupakan lubang persembunyian tikus.

Baca Juga: Perbedaan Penyakit Tipes dan Tifus, Inilah Gejala pada Anak hingga Dewasa

Bubuk kopi

Bubuk kopi

Salah satu cara usir tikus yang efektif bisa menggunakan bubuk kopi. Wewangian yang menyengat sangat dibenci tikus, sebab tikus memiliki indra penciuman super tajam.

Maka dari itu, jebaklah tikus dengan menaburkan bubuk kopi di sekitar tempat persembunyian dan tempat tikus berkeliaran. Dengan begitu, biasanya tikus akan tak tahan dan dapat kabur atau bahkan mati.

Baca Juga: Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Cabai

Bau cabai yang menyengat bukan hanya dibenci manusia, tapi juga oleh tikus. Tikus tak akan merasa nyaman bersembunyi di tempat yang berbau tajam.

Mengutip dari Klopmart, caranya dengan mencapurkan bubuk cabai dan saus cabai, dengan deterjen dan air. Campuran ini bisa disemprotkan atau bahkan ditempatkan sekaligus di area yang kerap dilewati tikus.

Gunakan perangkap tikus

Cara Usir Tikus

Baca Juga: Anti Berantakan, Ini 6 Tips Atur Freezer Supaya Es Tak Menggumpal

Salah satu cara usir tikus yang biasa dilakukan banyak orang adalah menggunakan perangkap tikus. Perangkap ini dapat berupa lem papan ataupun kotak otomatis.

Caranya, cukup pancing tikus dengan meletakkan sedikit makanan dalam perangkap.

Sayangnya, cara ini cukup berbahaya bagi Anda yang memelihara kucing di dalam rumah, karena dapat berisiko salah sasaran.

Kapur barus

Kapur barus juga merupakan salah satu bahan yang dapat mengusir tikus jauh-jauh dari rumah dan mesin mobil. Sebab, kapur barus mengandung bahan kimia yang tak hanya berbahaya bagi hewan, tapi juga manusia.

Bau kapur barus yang menyengat akan bikin tikus tak betah berdiam diri di tempat persembunyian. Tikus juga dapat mati jika tak sengaja menjilat kapur barus yang pastinya beracun.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Pasang lampu LED

Tak hanya bebauan menyengat, salah satu cara usir tikus juga bisa dilakukan dengan memasang lampu LED dengan daya rendah. Sebab tikus sangat membenci tempat yang terang.

Cara ini khusus hanya berlaku apabila tikus bersembunyi di mesin mobil.

Cukup gunakan lampu LED dengan volt rendah, yakni kurang dari 1 watt, untuk ditempatkan pada mesin mobil saat malam hari. Ini agar aki mobil tetap bagus dan tak soak.

Baca Juga: 4 Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas, Mudah!

Sumpal dengan bensin

Jika tikus tetap bersembunyi di area rumah dan tak mau keluar, maka tak ada salahnya melakukan cara yang cukup ekstrim, yakni menyumpal lubang persembunyiannya dengan kain yang telah dibasahi bensin.

Diamkan kain sumpalan tersebut selama 4 hari sebelum kain diangkat. Nantinya, Anda dapat melihat tikus mati lemas karena menghirup bensin.

Setelah memastikan semua tikus mati, gunakan perlengkapan super memadai untuk mengambil bangkai tikus sebelum berubah menjadi bau.

Tapi, berhati-hatilah menggunakan cara yang satu ini dan selalu pastikan tak ada api yang menyambar, karena area-area tertentu telah dijejali bensin yang sifatnya dapat membesarkan api.

Itu dia sederet cara usir tikus yang dapat Anda lakukan, agar tikus tak lagi bersembunyi di rumah hingga mesin mobil Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News