HOME, AturUang

Dana Pendidikan Anak Bisa Direncanakan Sejak Lama, Simak Tipsnya

Dana Pendidikan Anak Bisa Direncanakan Sejak Lama, Simak Tipsnya

MOMSMONEY.ID -  Dengan mudahnya meminjam dana untuk biaya pendidikan, bukan berarti Anda sebagai orang tua menghalalkan cara ini ketika akan menyekolahkan anak. Justru dari jauh hari, Anda harus sudah mengalokasikan dana ini.

Lusiana Darmawan, perencana keuangan OneShildt mengatakan bahwa idealnya, dana pendidikan dapat diproyeksikan berapa besarannya dengan menggunakan data saat ini.

Misalkan: saat ini anak Anda berusia 1 tahun, Anda punya waktu 4 tahun untuk mengumpulkan uang pangkal anak masuk sekolah dasar.

Menurut Lusi, dengan mencari tahu nilai biaya sekarang dan rata-rata inflasi biaya pendidikan, dapat diestimasikan biayanya ke depan.

"Selain itu, bisa mengestimasi berapa yang perlu diinvestasikan setiap bulannya pada instrumen keuangan yang sesuai dengan target waktu pencapaian," kata Lusi. 

Baca Juga: Pilih Pinjol atau Perbankan untuk Pinjaman Pendidikan? Simak Tipsnya

Jika sudah pendek target waktunya dan dana belum cukup, maka idealnya orangtua menyesuaikan pilihan sekolah dengan kemampuan finansial. Menurut Lusi,  Berutang untuk dana pendidikan sebaiknya dihindari.

Jadi, kata Lusi, Anda harus mencoba memulai dulu dengan cek aset pribadi atau investasi yang dimiliki. Apakah ada tabungan atau investasi untuk tujuan lain yang target waktu pencapaiannya masih lama?

"Jika ada, maka Anda dapat “meminjam” dana yang sudah terkumpul itu. Atau ada aset pribadi yang dapat dijual atau diuangkan? Misalkan: perhiasan, emas, dan lainnya," pesan Lusi. 

Jika tidak ada, barulah Anda memutuskan untuk meminjam ke pihak keluarga terlebih dahulu. Namun, perlu dicatat kita harus punya kemampuan atau rencana untuk mengembalikan uangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News