HOME, Santai

Daftar Operator Seluler Paling Kencang dan Stabil 2021

Daftar Operator Seluler Paling Kencang dan Stabil 2021

MOMSMONEY.ID - Operator seluler paling kencang di Indonesia ditentukan dengan beberapa aspek penilaian. Dalam data yang ditunjukkan oleh Ookla melalui speedtest, ada lima operator seluler Indonesia yang dibandingkan kecepatannya.

Baca Juga: Cuma 2 Juta, Smartphone Ini Bisa Jadi HP 5G Paling Murah

Operator Seluler Terbaik Menurut Ookla

Data kelima operator seluler di Indonesia menunjukkan kecepatan masing-masing dan menunjukkan skor tertentu. Berikut ini adalah urutan operator seluler tercepat di Indonesia dinilai dari skor akhir penilaian.

  1. Telkomsel dengan skor kecepatan 28,02
  2. Im3 Ooredoo dengan skor kecepatan 26,38
  3. Xl dengan skor kecepatan 20.96
  4. Smartfren dengan skor kecepatan 16,69
  5. 3 dengan skor kecepatan 15,71

Faktor Penentuan Skor

Meskipun penghitungan skor kecepatan oleh Ookla cukup akurat, namun harus diperhatikan bahwa penghitungan tersebut berdasarkan chipset perangkat paling modern. Sementara itu, penggunaan jaringan di lapangan akan terpengaruh beberapa faktor lain seperti cuaca dan spesifikasi perangkat.

Baca Juga: Siaran TV Analog Mulai Dihentikan di Beberapa Kota, Ini Jadwalnya

Selain chipset terbaik, pemberian skor yang dilakukan oleh Ookla didasarkan pada beberapa aspek. Salah satunya adalah kemampuan unduh dan unggah sebuah jaringan seluler. Perhitungan tersebut dilakukan dengan komposisi 90% kecepatan download dan 10% untuk kecepatan upload

Perhitungan tersebut lebih fokus pada kecepatan unduh karena kecepatan download atau unduh lebih umum digunakan. Perhitungan yang dilakukan oleh Ookla juga mempertimbangkan konsistensi kecepatan. Perhitungan kecepatan tersebut merupakan gabungan dari persentil ke-10, persentil ke-50, dan persentil ke-90. 

Daftar operator seluler paling cepat di Indonesia tersebut dihitung untuk periode Q2. Data tersebut bisa berubah di periode selanjutnya, apalagi jika yang dipertandingkan adalah jaringan 5G.

Selanjutnya: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Bikin Konten A Day In My Life

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News