Bugar

Daftar Makanan untuk Mendukung Program Hamil Anak Kembar

Daftar Makanan untuk Mendukung Program Hamil Anak Kembar

MOMSMONEY.ID - Makanan untuk mendukung program hamil anak kembar terkadang dianggap mitos. Namun, ada juga yang percaya bahwa makanan ini bisa mendapatkan anak kembar.

Penelitian menunjukkan, pola makan kaya nutrisi dan vitamin dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hamil kembar atau lebih.

Jika ingin menjalani program hamil anak kembar, Anda dapat meningkatkan peluang tersebut dengan mengonsumsi makanan tertentu, dan disertai konsultasi dengan dokter kandungan. 

Dilanisr dari Parenting Firstcry, berikut ini adalah daftar makanan untuk mendukung program hamil anak kembar, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Akan Memiliki Anak Kembar

Ubi

Daftar makanan untuk mendukung program hamil anak kembar yang pertama adalah ubi. Diyakini bahwa tingkat kelahiran kembar dikarenakan konsumsi ubi dalam jumlah yang signifikan dalam pola makan mereka. 

Ubi merupakan sumber yang kaya progesteron dan fitoestrogen, yang dapat menyebabkan hiper-ovulasi. Oleh karena itu, tingginya jumlah ubi dalam makanan diyakini sebagai penyebab kelahiran kembar.

Singkong

Daftar makanan untuk mendukung program hamil anak kembar yang kedua adalah singkong. Serupa dengan ubi, singkong membuat ibu melepaskan lebih dari satu sel telur atau hiperovulasi.

Hal ini bisa terjadi karena adanya zat diosgenin. Jadi, senyawa ini diproses tubuh dan diubah ke dalam bentuk estrogen dan progesteron, yang berguna untuk merangsang hiperovulasi.

Susu 

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk susu dan turunannya lima kali lebih mungkin memiliki bayi kembar. 

Ketika mengonsumsi lebih banyak susu, indung telur memiliki peluang lebih tinggi untuk melepaskan lebih banyak sel telur, sehingga meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. 

Baca Juga: Cerebral Palsy : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Akar maca

Daftar makanan untuk mendukung program hamil anak kembar yang selanjutnya adalah akar maca. Konsumsi akar maca bermanfaat bagi pasutri yang sedang menghadapi masalah kesuburan.

Selain itu, mengonsumsi akar maca disarankan untuk wanita yang ingin hamil kembar, karena dapat meningkatkan kesuburan. 

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran, dianggap sebagai makanan untuk promil bayi kembar.

Namun yang jelas, makanan untuk program bayi kembar berupa karbohidrat kompleks dipercaya bisa mencegah cacar lahir pada bayi.

Meski masih membutuhkan studi lebih lanjut, konsumsi makanan di atas diyakini dapat mendukung program hamil anak kembar.

Tapi, Anda tetap harus bertanya pada dokter sebelum melakukan perubahan pola makan saat mencoba hamil. 

Itulah beberapa daftar makanan untuk mendukung program hamil anak kembar yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News