Santai

Cocok Dilakukan saat Ramadan, Ini 3 Tips Ampuh Lakukan Defisit Kalori

Cocok Dilakukan saat Ramadan, Ini 3 Tips Ampuh Lakukan Defisit Kalori

MOMSMONEY.ID - Cocok dilakukan di bulan puasa, ini tips mudah untuk lakukan kalori defisit agar hasil makin maksimal.

Kalori defisit, menurut Wikipedia, adalah aktivitas mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh dengan tujuan untuk menjaga berat badan.

Cara ini merupakan program diet yang cocok dilakukan saat sedang berpuasa. Sebab pengontrolan asupan kalori saat puasa lebih bisa dikontrol.

Agar kalori defisit makin maksimal, beberapa tips ini mungkin dapat diterapkan bagi yang ingin melakukan kalori defisit di bulan puasa:

Baca Juga: 4 Cara Alami Tingkatkan Serotonin saat Puasa, Bisa Bantu Tekan Stres

Olahraga

Olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan tingkat keaktifan seseorang dalam setiap hari. Semakin aktif seseorang, maka akan semakin banyak kalori defisit yang diperlukan untuk bisa membakar kalori dalam tubuh.

Jika termasuk dalam orang dengan mobilitas rendah dan jarang melakukan olahraga, maka lakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, atau pilihlah menggunakan tangga daripada lift sebagai olahraga utama.

Center for Disease Contol and Prevention (CDC) merekomendasikan kegiatan olahraga seperti berkebun maupun bersepeda dengan kecepatan sedang sebagai kegiatan olahraga bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi dan aktif berolah raga.

Kurangi makanan dan minuman proses

Makanan dan minuman yang telah melalui proses pengolahan di pabrik bukan merupakan produk alami. Tambahan gula maupun pengawet dalam porsi banyak mempengaruhi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mencapai kalori defisit yang baik, makanan dan minuman sehat tanpa tambahan bahan pengawet atau pemanis buatan harus dijadikan menu utama.

Makanan dan minuman sehat dapat membantu mencegah kemungkinan overeating namun tetap dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Baca Juga: Lakukan Rutin Setelah Sahur, Rasakan 4 Manfaat Meditasi Berikut Ini

Kurangi asupan karbohidrat

Laman Womens Health Mag merekomendasikan untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi jika sedang melakukan program kalori defisit.

Hal tersebut disebabkan karena karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan di ubah menjadi gula dan kemudian diserap untuk disimpan sebagai cadangan makanan.

Dengan mengurangi konsumsi asupan karbohidrat, tubuh tidak perlu menyimpan banyak makanan sebagai cadangan makanan.

Itulah beberapa tips mudah agar kalori defisit jadi makin maksimal saat sedang berpuasa. Coba, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News