Bugar

Coba Lakukan Rutin! Ini 5 Cara Ampuh untuk Mencegah Alzheimer Sejak Dini

Coba Lakukan Rutin! Ini 5 Cara Ampuh untuk Mencegah Alzheimer Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Alzheimer adalah penyakit yang memengaruhi otak sehingga pengidapnya mengalami masalah memori dan perubahan mental. 

Menurut National Institute on Aging kecenderungannya, Alzheimer karena faktor genetik. Akan tetapi, gaya hidup juga memiliki kontribusi.

Dilansir dari Prevention dan Alzheimer’s Association, berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk mencegah alzheimer sejak dini yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Jangan Samakan dengan Pikun, Ini Penyebab dan Cara Pencegahan Demensia

Lakukan kegiatan mengasah otak

Anda juga perlu mengasah otak dengan bermain musik, membaca, belajar bahasa asing, bermain catur, mengerjakan teka-teki silang, dan memecahkan kasus.

Tak hanya itu, melakukan kegiatan sosial dengan  orang lain juga bisa mencegah Anda terkena penyakit alzheimer.

Menerapkan pola makan sehat

Menjaga kesehatan pastinya tidak akan lepas dari pola makan yang baik. Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi.

Sebaliknya, perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang kaya akan serat. Vitamin dan mineral di dalamnya mampu menjaga fungsi saraf-saraf di bagian otak. 

Cukupi kebutuhan tidur

Usahakan untuk tidur 7-8 jam per hari setiap malamnya. Tidur yang berkualitas dan cukup bisa membantu mencegah alzheimer.

Pasalnya, tubuh menghasilkan lebih banyak beta-amyloid, sejenis protein yang berguna untuk pembentukan memori saat tidur. Aktivitas ini membantu tubuh membuang racun-racun di otak. 

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasi Mood Swing di Sini Yuk!

Rutin berolahraga

Olahraga punya pengaruh besar terhadap kesehatan otak. Tak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi setiap harinya. Cukup beraktivitas ringan seperti jalan pagi, berenang, bermain tenis, ataupun bulutangkis saja.

Kelola stres dengan baik

Stres berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Mulai dari terhambatnya pertumbuhan sel, penyusutan di area memori, hingga meningkatkan risiko penyakit alzheimer dan demensia. 

Andaikan stres menyerang, kelola dengan baik dengan berolahraga, melakukan meditasi, hangout bersama teman atau menemui psikolog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News