Santai

Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasi Mood Swing di Sini Yuk!

Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasi Mood Swing di Sini Yuk!

MOMSMONEY.ID - Beberapa orang pasti pernah merasakan perubahan mood yang terjadi secara cepat dalam satu waktu. Fenomena tersebut kerap disebut dengan mood swings.

Definisi mood swings menurut laman Very Well Mind adalah perubahan mood yang terjadi begitu cepat dalam suatu waktu. Biasanya dikaitkan dengan roller coaster.

Karena perasaan dapat berubah dari sedih, bahagia, kesal, hingga sensitif. Penyebab perubahan mood yang cepat ini bisa terjadi tanpa alasan. Namun, beberapa penyebab mood swings bisa menjadi salah satu pemicunya.

Baca Juga: 5 Pilihan Teh Terbaik untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

PMS atau Pre-Menstrual Syndrome menjadi salah satu penyebab munculnya mood swings pada wanita. Perubahan hormo pada tubuh atau hormon yang tidak seimbang juga bisa membuat seseorang mengalami mood swings.

Kehamilan dan menopause juga kerap dikaitkan dengan munculnya mood swings. Pada pria sendiri, biasanya mood swings kerap terjadi karena adanya banyak stress yang menumpuk.

Mood swings juga kerap muncul karena adanya penyakit yang menyerang otak. Seperti demensia, stroke, dan penyakit lainnya yang mengakibatkan kerja otak dalam mengontrol hormon menjadi berkurang.

Selain itu kurang tidur juga menjadi penyebab munculnya mood swings. Karena tubuh merasa kurang mendapatkan istirahat membuatnya menjadi lebih sensitive.

Baca Juga: Ingin Bentuk Otot? Konsumsi 6 Makanan Alami Penambah Massa Otot Ini Saja!

Cara untuk mengurangi atau mencegah munculnya mood swings ini adalah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Cara tersebut juga direkomendasikan oleh laman Medical News Today.

Rutin berolah raga, mengurangi dan bahkan mengurangi konsumsi kafein, gula, dan alcohol menjadi salah satu cara untuk terhindar dari mood swings. Mengatur pola tidur juga merupakan hal yang harus dilakukan agar tubuh memperoleh waktu yang baik untuk beristirahat.

Selain itu yang lebih penting adalah mengatur stress. Cobalah berlatih yoga atau meditasi, mencatat mood dalam jurnal untuk mengetahui emosi yang ada pada diri sendiri.

Dengan begitu stress dapat dikelola dengan baik yang menjadi pemicu utama munculnya mood swings.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News