HOME, Santai

Clingy, Sikap Akibat Obsesi Pada Pasangan. Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya

Clingy, Sikap Akibat Obsesi Pada Pasangan. Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya

MOMSMONEY.ID - Salah satu sifat yang sering ditemui dan berkembang dalam hubungan masa kini adalah sifat clingy.

Sifat yang clingy menurut Urban Dictionary adalah ketika seseorang menjadi sangat terobsesi dengan satu orang saja. Hingga ia tidak ingin lepas dan hanya ingin menghabiskan waktu dengan orang tersebut sepanjang hari.

Clingy sendiri bisa terjadi dalam segala bentuk hubungan baik dalam hubungan keluarga, pertemanan, hingga hubungan asmara.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum Waktu Gosok Gigi Yang Tepat? Berikut Ini Jawabannya

Bentuknya pun juga beragam dari mulai mengirim banyak pesan dan telepon secara terus menerus dan cenderung memiliki sifat negatif.

Melansir dari laman Mind Body Green sifat clingy sendiri timbul dari karena seorang tersebut merasakan adanya perasaan takut dan cemas karena tidak bisa mendapatkan hal yang diinginkan.

Sikap ini juga muncul dari adanya keinginan yang kuat untuk memenuhi kebutuhan emosional, fisik, spiritual, dan mental yang tidak didapatkan dalam hidup seseorang.

Sehingga seseorang melakukan hal tersebut sebagai tindakan preventif untuk menghindari rasa takut dan cemas akan kehilangan hal yang sebelumnya tidak mereka dapatkan.

Baca Juga: Sering Dilakukan Tanpa Sadar, Ini Faktor Penyebab Procrastination

Laman Very Well Mind sendiri juga menjelaskan bahwa sikap clingy ini sendiri bisa menjadi tanda adanya attachment atau kelekatan yang terlalu dalam pada sebuah hubungan atau pasangan.

Cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari sikap dan perilaku clingy sendiri adalah dengan mencoba menikmati segala hal naik dan turun dalam sebuah hubungan.

Membicarakan sebuah permasalahan dengan pasangan terutama adanya rasa takut dan kelekatan yang mendalam juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya perilaku clingy.

Jangan lupa untuk selalu terbuka dan berbicara dengan jujur kepada pasangan agar solusi dan pemecahan masalah bisa disepakati bersama.

Selain itu, berfokus pada pengembangan diri sendiri juga bisa menghindari munculnya sikap clingy. Menghabiskan waktu untuk melakukan hobi yang disukai atau menghabiskan waktu dengan teman ketika pasangan sedang sibuk juga bisa menjadi alternatifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News