HOME, AturUang

Cermatlah Dalam Memilih Produk Asuransi Yang Tepat

Cermatlah Dalam Memilih Produk Asuransi Yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Memilih produk asuransi harus yang tepat karena anda ingin menjamin dan melindungi masa depan pribadi dan keluarga. Meningkatnya gaya hidup dan tingkat ekonomi, masyarakat mulai menyadari pentingnya memiliki perlindungan bagi keluarga. ini lebih dari sekadar bantuan finansial, asuransi memberi program jaminan kesehatan, pendidikan, dan hari tua.

Agar tidak salah memilih produk asuransi, berikut langkah yang bisa Anda pertimbangkan : 

1. Pahami kebutuhan Anda dan keluarga

Hal utama adalah Anda harus memahami asuransi seperti apa yang anda dan keluarga butuhkan. Setiap keluarga memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda.  Jika ingin menjamin pendidikan anak, Anda bisa menggunakan asuransi pendidikan.  Masa depan tidak ada yang tahu, sehingga Anda bisa memiliki asuransi kesehatan atau kecelakan dan asuransi hari tua.

2. Susunlah anggaran khusus asuransi

Susunlah anggaran agar segala urusan keuangan Anda tercatat dan tersimpan dengan rapi. Penyusunan anggaran ini juga akan membantu Anda dalam memilih produk asuransi apa saja yang mampu Anda beli, sesuai dengan pendapatan. Mengutip dari Axa.id, disarankan mengalokasikan 10%-20% dari pemasukan Anda untuk kebutuhan asuransi.

Baca Juga: Cari Tahu 7 Pos Pembagian Gaji untuk Wanita Single & Menikah

3. Tentukan perusahaan asuransi yang terpecaya

Tentukan perusahaan asuransi yang Anda percayai dapat menjamin dan melindungi keluarga di masa depan. Kontrak asuransi adalah komitmen jangka panjang, bahkan mungkin seumur hidup.  Melansir dari Ilovelife.id, ketahui performa perusahaan lebih mendalam, mulai dari terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuagan), RBC (Risk based Capital) yaitu modal perusahaan untuk memenuhi kewajiban, stakeholder-nya, dan seberapa banyak publikasi yang muncul di media terkait komplain nasabah permasalahan pembayaran klaim. Proses pengajuan klaim dan kemudahan akses menghubungi perusahaan juga merupakan faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Semua informasi itu akan membantu Anda mencari perusahaan asuransi terbaik.

4. Pelajari polisnya

Penting mengetahui segala hal tentang asuransi yang Anda beli. Melansir dari BCAlife, di dalam dokumen polis memuat manfaat yang Anda dapatkan berikut dengan hak dan kewajiban nasabah, tertanggung, serta perusahaan asuransi. Anda berhak mendapat informasi yang jelas mengenai polis yang Anda miliki.  Setelah menandatangi kontrak asuransi, simpanlah polis tersebut. Akan lebih baik jika polis disimpan dalam bentuk hard copy maupun soft copy.

5. Pilih tenaga pemasar yang sudah memiliki sertifikat

Pastikan bahwa orang yang menawarkan produk asuransi kepada Anda merupakan tenaga pemasar resmi yang bersertifikat. Dengan memiliki izin tersebut, berarti tenaga pemasar tersebut telah memiliki pengetahuan yang memadai tentang asuransi dan produk yang dijual.

Menjadi konsumen asuransi haruslah cermat ketika memilih produk yang anda butuhkan. Jangan sampai salah langkah, jaga masa depan pribadi dan keluarga dengan memilih produk asuransi yang tepat.

Selanjutnya: Moms, Pahami Cara Menabung Emas Batangan dan Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News