Bugar

Cegah Diabetes, Ini 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

Cegah Diabetes, Ini 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

MOMSMONEY.ID - Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak manfaatnya yang baik untuk tubuh dan bisa Anda rasakan.

Tak hanya menyegarkan, manfaat jus tomat juga dikenal baik untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol dan mencegah berbagai penyakit.   

Dirangkum dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat jus tomat yang sudah tidak diragukan lagi dan perlu Anda ketahui, antara lain:  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Manfaat Minyak Zaitun yang Luar Biasa

Menjaga kesehatan mata

Manfaat jus tomat yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan mata. Beta-karotene pada tomat yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.   

Beta-karotene, likopen, dan lutein adalah antioksidan yang dapat melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, termasuk pembentukan katarak hingga degenerasi makula.  

Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat jus tomat yang kedua adalah mengurangi risiko kanker prostat. Manfaat ini juga berasal dari kandungan likopen yang dapat melindungi sel dari kerusakan.   

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat jus tomat yang ketiga adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin tanpa gula.   

Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat kandungan likopen yang ada di dalamnya.  

Baca Juga: Ubah Gaya Hidup, Ini 5 Cara Mencegah Kolesterol Tidak Naik

Mencegah stroke

Manfaat jus tomat yang keempat adalah membantu mencegah stroke. Manfaat likopen dalam jus tomat dapat mencegah kolesterol tinggi dan menurunkan risiko terkena stroke.  

Hal ini karena likopen dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat daya tahan tubuh.   

Mencegah penyakit diabetes

Manfaat jus tomat yang kelima adalah mencegah penyakit diabetes. Jus tomat mengandung karbohidrat rendah hanya sekitar 4 gram di dalam setiap 100 gram buah tomat.  

Rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes tipe 2.   

Inilah manfaat jus tomat yang sudah tidak diraguka lagi dan rasanya sayang untuk dilewatkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News