Bugar

Ubah Gaya Hidup, Ini 5 Cara Mencegah Kolesterol Tidak Naik

Ubah Gaya Hidup, Ini 5 Cara Mencegah Kolesterol Tidak Naik

MOMSMONEY.ID - Ada beragam cara mencegah kolesterol tidak naik yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. 

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor pemicu berbagai penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Tak selalu harus menggunakan obat-obatan, kadar kolesterol bisa diturunkan dengan cara yang alami dan dengan rutin dilakukan untuk mencegahnya tidak naik.

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa cara mencegah kolesterol tidak naik yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

Baca Juga: Sederet Manfaat Diet Buah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Mengurangi stres

Sebuah penelitian menyatakan, stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Ini bisa terjadi karena hormon kortisol dan adrenalin yang dilepaskan ketika stres. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu kelola stres dengan baik dari waktu ke waktu.

Konsumsi makanan kaya kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya membantu mencegah kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dan membuat kolesterol tidak naik.

Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Batasi konsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai dari peningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga penyakit kardiovaskular.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, batasi takarannya dalam jumlah sedang, sekitar 300 ml per hari.

Baca Juga: Gejala Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak, Orangtua Wajib Tahu

Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. 

Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Itulah beberapa cara mencegah agar kolesterol tidak naik lag yang bisa Anda lakukan, tentunya sambil menjalani pengobatan dari dokter. Dan jangan lupa, periksalah kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News