HOME, Bugar

Catat! Inilah 5 Makanan Sehat untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Catat! Inilah 5 Makanan Sehat untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes.

Makanan tinggi lemak berpotensi menaikkan kolesterol. Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat.  

Supaya kolesterol darah tetap stabil, harus mulai disiplin mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. 

Terdapat berbagai macam makanan untuk mengurangi kolesterol tinggi, mulai dari sayuran, buah-buahan sampai cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari.  

Baca Juga: Kelebihan Protein dalam Tubuh Tidak Baik. Ini 5 Dampak Negatifnya!

Untuk mengetahui lebih jauh, dilansir dari Healthline, berikut ini adalah makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh, antara lain: 

1. Alpukat

Makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang pertama adalah alpukat. Alpukat menjadi buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol.

Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang. 

2. Apel

Makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang kedua adalah apel. Apel termasuk ke dalam buah yang efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Apel mengandung zat pektin (terutama pada bagian kulit apel), yaitu serat larut yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Kandungan ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian mengeluarkannya melalui urine dan feses. 

3. Sayuran hijau

Makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang ketiga adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya.

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi terbukti bisa mengurangi kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan dan serat membuat berat badan terkontrol sehingga mencegah obesitas. 

Baca Juga: Sederet Rempah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil

4. Dark cokelat

Makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang keempat adalah dark cokelat. Cokelat khususnya dark coklat mampu menurunkan kadar kolesterol.

Cokelat mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang terkait dengan penurunan kolesterol tinggi. Anda perlu bijak ketika mengonsumsinya karena coklat termasuk makanan tinggi kalori. 

5. Ikan salmon dan tuna

Makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang terakhir adalah ikan salmon dan tuna. Ikan berlemak ini memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Manfaat lainnya yaitu konsumsi ikan salmon dan tuna dapat melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung. 

Itulah beberapa makanan sehat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News