HOME, Bugar

Catat! Inilah 4 Bahan Alami yang Bisa Meredakan Wasir

Catat! Inilah 4 Bahan Alami yang Bisa Meredakan Wasir

MOMSMONEY.ID - Mengidap wasir atau hemoroid tentu membuat tidak nyaman, apalagi saat duduk dan telentang.

Wasir terbentuk ketika pembuluh darah di anus dan rektum membengkak sehingga menyebabkan rasa sakit, gatal, hingga pendarahan. 

Ada dua jenis hemoroid, yaitu internal dan eksternal. Dilansir dari Healthline, hemoroid internal terbentuk di anus bagian dalam, sedangkan eksternal terbentuk di anus bagian luar. 

Gejala wasir biasanya mudah diredakan dengan obat yang dimasukan ke dalam dubur dan setelahnya akan bisa buang air besar dengan mudah.

Baca Juga: Wow! Ini Ternyata Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuh

Namun, sebenarnya Anda bisa mengurangi gejala wasir dengan perawatan sederhana menggunakan bahan-bahan alami.  

Dialnsir dari Healthline, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa meredakan wasir yang sedang Anda alami, antara lain: 

1. Air hangat

Bahan alami yang bisa meredakan wasir yang pertama adlah air hangat. Mandi di bak menggunakan air hangat dapat meringankan iritasi pada wasir. 

Menurut Harvard Health, berendam menggunakan air hangat selama 20 menit setiap buang air besar akan sangat efektif. Menambahkan garam epsom akan membantu meringankan nyeri. 

2. Kompres dingin

Bahan alami yang bisa meredakan wasir yang kedua adalah mengompres dengan air dingin. Kompres dingin dengan es pada bagian anus selama 15 menit.

Ini bisa membantu dalam meringankan bengkak. Untuk wasir yang besar dan nyeri, tips ini akan sangat membantu.

Balutlah es dalam lap terlebih dahulu sebelum mengompres, dan jangan taruh sesuatu yang beku langsung pada kulit. 

3.  Lidah buaya

Bahan alami yang bisa meredakan wasir yang ketiga adalah menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya sering digunakan untuk mengobati wasir dan masalah kulit lainnya.

National Center for Complementary and Integrated Health, mengeksplorasi pengobatan komplementer dan alternatif, mencantumkan lidah buaya sebagai pengobatan wasir yang aman digunakan.  

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat

4. Minyak kelapa

Bahan alami yang bisa meredakan wasir yang keempat adalah minyak kelapa. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, sifat analgesik (penghilang rasa sakit) minyak kelapa dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. 

Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam rendaman air hangat untuk mendapatkan manfaatnya.  

Itulah beberapa bahan alami yang bisa meredakan wasir yang perlu Anda ketahui. Jika tidak dapat ditangani lebih dari dua minggu, segera berkonsultasi dengan dokter.

Cegahlah wasir dengan tetap aktif dan makan makanan yang sehat, sehingga buang air besar selalu lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News