HOME, Bugar

5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat

5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat

MOMSMONEY.ID - Makanan bernutrisi memberikan pengaruh luar biasa terhadap ketajaman memori dan daya ingat otak pada seseorang.

Menurut Harvard Health Publishing, pola diet yang sehat mencakup buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Kalau Anda masih muda tapi sering lupa, bisa jadi asupan makanan Anda kurang bernutrisi. Faktor makanan, diet, dan gaya hidup sangat bisa memengaruhi memori atau daya ingat.  

Kurang fokus, lupa meletakkan barang, lupa nama orang, atau lupa janji adalah beberapa contoh kalau daya ingat Anda kurang tajam. 

Baca Juga: Waspada! Kenali Bahaya Bakteri Salmonella pada Makanan Kemasan Anak

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa makanan sehat bernutrisi untuk meningkatkan daya ingat, antara lain:  

1. Blueberry

Makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat yang pertama adalah blueberry. Blueberry memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melawan dan mencegah kerusakan otak. 

Kandungan flavonoid pada blueberry juga berperan dalam perbaikan daya ingat. Mengonsumsi blueberry bisa memperbaiki fungsi kognitif otak dan daya ingat.

Selain itu, makan blueberry, stroberi, dan buah acai bisa mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif dan daya ingat akibat faktor usia. 

2. Alpukat

Makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat yang kedua adalah alpukat. Buah ini mengandung lemak baik yang berguna bagi Anda yang sedang menjalani program diet. 

Tak hanya itu, lemak yang terkandung dalam alpukat pun baik untuk daya ingat otak. Lemak pada alpukat adalah lemak tunggal tidak jenuh (monounsaturated fatty acid). 

Ini merupakan jenis lemak yang dibutuhkan sel otak dalam proses pembentukan dan penyimpanan daya ingat.  

3. Ikan salmon

Makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat yang ketiga adalah ikan salmon. Ikan salmon adalah salah satu makanan yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam proses pembentukan daya ingat di otak. 

Selain salmon, ikan yang juga termasuk ke dalam makanan untuk daya ingat, seperti sarden. Keduanya memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk ketajaman daya ingat.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Ambeien Kambuh

4. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat yang keempat adalah kacang-kacangan.  

Jika Anda tidak alergi dengan kacang-kacangan, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah untuk mempertajam daya ingat. 

Menjadikan kacang-kacangan sebagai kudapan ringan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, termasuk daya ingat. 

5. Jeruk

Makanan sehat untuk meningkatkan daya ingat yang kelima adalah jeruk. Semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari bisa tercukupi dengan makan satu buah jeruk.

Kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan fokus, memori, perhatian, dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

Selain beberapa makanan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin, seperti vitamin B,C,D, dan E untuk mempertajam daya ingat.

Itulah informasi mengenai makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya ingat dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News