Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini Sederet Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Diketahui

Cari Tahu Yuk! Ini Sederet Manfaat Daun Kenikir yang Tidak Banyak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Daun kenikir adalah jenis sayuran yang bisa dimakan langsung sebagai lalapan. Selain mengandung vitamin dan mineral, terdapat sejumlah nutrisi penting lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa daun kenikir mengandung karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten. 

Daun kenikir juga banyak mengandung mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium, dikutip dari Web MD.

Selain itu, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat (phenolic acid),dan asam klorogenat dalam jumlah yang besar. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Nah, dilansir dari Web MD, berikut beberapa manfaat daun kenikir lainnya yang tidak banyak diketahui orang, antara lain: 

Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat daun kenikir yang pertama bisa mencegah gangguan pencernaan. Selain mencegah berbagai penyakit kronis, kandungan flavonoid dalam daun kenikir bisa mencegah gangguan pencernaan. 

Flavonoid adalah jenis antioksidan yang telah terbukti khasiatnya untuk memperkuat daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas.  

Membantu mengobati diabetes

Manfaat daun kenikir kedua bisa mengobati diabetes. Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang bisa terjadi ketika kadar gula darah tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif. 

Salah satu manfaat daun kenikir adalah memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun terkendali. 

Mencegah hipertensi

Manfaat daun kenikir yang ketiga bisa membantu mencegah hipertensi. Daun kenikir diyakini mampu menurunkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Hal ini karena daun kenikir memiliki efek diuretik yaitu kemampuan untuk meningkatkan pembuangan garam dari dalam tubuh. 

Sehingga kelebihan garam dalam darah yang menjadi penyebab hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini. 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mencegah pertumbuhan sel kanker 

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir terlihat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Akan tetapi, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker. 

Mencegah osteoporosis

Manfaat daun kenikir yang satu ini diduga berkat kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat didalamnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kenikir memiliki efek baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan diduga dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis. 

Itulah beberapa manfaat daun kenikir untuk kesehatan yang tidak banyak orang ketahui. Anda bisa masukkan daun kenikir ke dalam menu harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News