HOME, Bugar

Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Cara Penularan, Gejala, dan Pencegahan Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Cacar monyet adalah infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah di kulit. Cacar monyet pertama kali muncul di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

Pada awalnya, penyakit cacar monyet memiliki gejala yang serupa dengan cacar air, yaitu bintil berair dan dibeberapa kasus bisa mengeluarkan nanah.

Seiring perkembangan penyakit, bintil berair berubah menjadi bernanah dan menimbulkan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening. 

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, penularan virus cacar monyet terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan hewan, manusia, atau bahan yang terkontaminasi virus.

Baca Juga: Ketahui Fakta Ramsay Hunt Syndrome yang Dialami Justin Bieber

Penularannya terjadi ketika seseorang terpapar oleh droplet hewan yang telah terinfeksi pada jarak yang dekat.

Kemudian, virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit, saluran pernapasan, atau selaput lendir seperti mata, hidung, atau mulut. 

Penularan cacar monyet menimbulkan gejala yang akan muncul 5–21 hari sejak penderitanya terinfeksi virus monkeypox. Gejala awal cacar monyet sebagai berikut:

1. Demam

2. Letih atau lemas

3. Menggigil

4. Sakit kepala

5. Nyeri otot

6. Pembengkakan kelenjar getah bening, yang ditandai dengan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan

Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1–3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai.

Ruam yang muncul akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian menyebabkan borok di permukaan kulit. 

Pencegahan utama cacar monyet adalah menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai, atau orang-orang yang sedang terinfeksi.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Meringankan Penyakit Cacar Air

Beberapa langkah pencegahan terkait penularan cacar monyet bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini, antara lain: 

1. Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama sebelum mengolah makanan, sebelum makan, sebelum menyentuh hidung atau mata, dan sebelum membersihkan luka.

2. Menghindari berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain, juga tidak menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi cacar monyet.

3. Menghindari kontak dengan hewan liar atau mengonsumsi dagingnya

4. Memasak bahan makanan, terutama daging, hingga matang

Guna mencegah penularan cacar monyet, dokter akan memberikan vaksin smallpox, terutama kepada petugas medis yang merawat pasien cacar monyet.

Selain vaksin smallpox, petugas medis juga perlu mengenakan alat pelindung diri saat merawat pasien agar tidak terkena droplet dari pasien.

Itulah cara penularan cacar monyet yang perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News