Keluarga

Cara Merawat Bunga Easter Lily, Tanaman Hias yang Punya Kaitan dengan Paskah

Cara Merawat Bunga Easter Lily, Tanaman Hias yang Punya Kaitan dengan Paskah

MOMSMONEY.ID - Selama Paskah, rumah dan gereja sama-sama dihiasi dengan bunga-bunga putih yang indah dan harum yang dikenal dengan bunga easter lily atau bunga bakung Paskah. 

Bunga easter lily merupakan tanaman hias yang mempunyai kaitan dengan Paskah. Cara merawat bunga easter lily cukup mudah. 

Mengutip Southernliving.com, bunga easter lily ini melambangkan kesucian Yesus Kristus, yang bebas dari dosa. 

Bentuk terompet bunga bakung Paskah melambangkan terompet yang membunyikan pesan bahwa Yesus telah bangkit, dan sifat di mana bunga bakung tumbuh juga melambangkan kebangkitan.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Hias yang Ditinggal Mudik Lebaran agar Tetap Segar

Bunga easter lily tergolong sebagai tanaman terna tahunan yang tumbuh setinggi 0,5-1,3 meter. Tumbuhan ini memiliki umbi lapis yang besar dengan diameter mencapai 5-10 cm. 

Daun bunga bakung Paskah berbentuk pita atau lanset, dengan panjang antara 3-120 cm dan lebarnya berkisar 3-18 cm. 

Bunga easter lily ini berbunga pada bulan April dan Juni. Ketika mekar, bunga ini mengeluarkan aroma semerbak yang sangat harum. 

Oleh karena itu, bunga easter lily sangat cocok jika dipelihara sebagai tanaman hias. 

Banyak kegunaan bunga easter lily. Selain penghias, bunga ini dimanfaatkan sebagai tanaman potong untuk membuat karangan bunga. 

Biasanya karangan bunga ini ramai dicari oleh khalayak, terutama sebagai kado ketika perayaan Paskah. 

Selain itu, bunga easter lily ini juga bermanfaat sebagai antiracun pada luka yang diakibatkan oleh gigitan ular, sengatan serangga, hingga keracunan makanan. 

Baca Juga: Ide Hampers Tanaman Hias Lebaran Antimainstream, Cocok untuk Orang Terdekat

Lalu, bagaimana cara merawat bunga easter lily? Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara merawat bunga easter lily. 

Cara merawat bunga easter lily

Beberapa tukang kebun menanam lily Paskah sebagai latar belakang taman abadi mereka, sedangkan yang lain lebih suka menanamnya dalam wadah selama musim Paskah.

Umbi yang ditanam di taman biasanya lebih mudah dirawat daripada tanaman pot yang ditransplantasikan.

Caranya, cukup tanam umbi sedalam 4 hingga 6 inci dan  berjarak sekitar satu kaki. 

Jaga agar tanah di sekitar umbi lembab sampai embun beku pertama, dan pastikan untuk mengubah tanah untuk memastikan drainase yang baik dan mencegah pembusukan. 

Setelah bunga easter lily tumbuh tinggi, Anda perlu memantaunya agar tetap tegak. Kemudian, Anda bisa memotong batang sampai ke tanah ketika daun sudah menguning. 

Baca Juga: 7 Jenis Edible Flowers, Bunga yang Bisa Dimakan dengan Aman Beserta Manfaatnya

Simpan bunga easter lily dalam ruangan di dekat jendela dengan sinar matahari tidak langsung. Lindungi dari angin dan panas seperti ventilasi. 

Jika pot dibungkus dengan foil dekoratif (seperti yang umum untuk tanaman yang dijual sekitar Paskah), keluarkan pot untuk disiram agar pot mengering sepenuhnya sebelum dipasang kembali.

Jika Anda ingin bunga lili yang dibeli di toko mekar untuk Paskah, pilih varietas pot dengan beberapa bunga yang sudah mekar, lalu pilih area cerah di rumah Anda untuk lokasinya.

Pada malam hari, pindahkan tanaman Anda ke ruangan yang sejuk, lalu keluarkan lagi keesokan harinya agar tumbuh subur. 

Nah, itulah informasi mengenai bunga easter lily beserta cara merawatnya. Anda bisa menjadikan bunga lili Paskah atau bunga bakung Paskah ini menjadi kado saat Paskah nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News