HOME, Bugar

Cara Mengobati Kutil di Tubuh Secara Aman dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Kutil di Tubuh Secara Aman dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Kutil adalah gangguan pada kulit yang umumnya tidak membahayakan, namun dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Cara menghilangkan kutil secara alami banyak dicari, karena memerlukan waktu yang lama sampai kutil hilang dengan sendirinya. Gangguan kulit ini paling sering timbul  tangan dan kaki, meski pada kondisi tertentu dapat terjadi kutil kelamin, dilansir dari Skin Health.

Penularan kutil bisa melalui sentuhan atau berbagi barang dengan orang lain. Jika sudah telanjur mengidap kutil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua kutil perlu dioperasi. Sebab pada kasus ringan, kutil bisa diobati dengan bahan alami berikut.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mengobati Penyakit Kurap

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati kutil di bagian tubuh.

1. Baking powder

Campurkan baking powder dengan minyak kastor hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta ini ke kutil tiap malam sebelum tidur. Sama seperti pengobatan sebelumnya, sebaiknya tutup dengan perban dan diamkan semalaman.

2. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial dari pohon teh memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mempercepat proses pengelupas kulit. Jika digunakan secara rutin, ukuran kutil bisa bertambah kecil dalam waktu 12 hari. 

3. Gunakan bawang putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi kutil. Bukan itu saja, bawang putih juga mampu mengatasi psoriasis serta bekas luka keloid.

Menggunakan ekstrak bawang putih efektif mengatasi kutil dalam empat minggu. Hal tersebut terjadi karena kandungan allicin dalam bawang putih yang bersifat antimikroba mampu menghancurkan enzim dalam patogen berbahaya. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Orang yang Rentan Terkena Penyakit Jantung

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel mudah ditemukan di toko atau membelinya secara online. Cara penggunaannya cukup praktis, yakni dengan merendam bola kapas ke dalam cairan cuka sari apel kemudian oleskan ke area kutil.

Pengobatan ini bisa dilakukan tiap malam sebelum tidur. Tutup dengan perban agar kapas tidak bergeser dan diamkan semalaman. Tidak perlu khawatir saat timbul rasa nyeri karena cuka apel bersifat asam.

5. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus HPV. Oleskan tea tree oil langsung ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi perawatan ini setiap hari hingga kutil berkurang.

Meski demikian, cara menghilangkan kutil secara alami di atas belum tentu berhasil dan efektivitasnya pun belum teruji secara medis.

Hampir semua cara menghilangkan kutil secara alami di atas tetap tidak bisa membunuh virus penyebab kutil. Kutil masih berpotensi menyebar ke anggota tubuh lain atau kembali muncul di area yang sama di kemudian hari.

Sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan kutil yang tepat dan terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi.

Dokter mungkin akan memberi rekomendasi tindakan khusus untuk membantu menghilangkan kutil secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News