Santai

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah, Coba Pakai Vodka

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah, Coba Pakai Vodka

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sedang mencari cara menghilangkan bau tak sedap di rumah, coba gunakan vodka. Cara ini telah dilakukan oleh Martha Stewart pebisnis perempuan asal Amerika Serikat.

Bau tak sedap di rumah bisa berasal dari manapun. Mulai dari baju yang kotor, sepatu yang terkena keringat hingga sofa dan seprai yang kerap bersentuhan dengan kulit.

Baca Juga: Catat! 6 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Membersihkan barang-barang berlapis kain seperti furnitur, baju yang hanya bisa dibersihkan dengan metode dry clean dan sepatu bisa menjadi sesuatu yang sulit. Namun semua bisa Anda atasi dengan menyemportkan vodka. 

Melansir House Digest, minuman tinggi alkohol ini sangat sempurna untuk menghilangkan bau tak sedap tanpa harus mencucinya di mesin cuci. Kandungan alkohol pada vodka sangat kuat untuk menghilangkan segala jenis bau mulai dari bau badan hingga bau asap rokok. 

Begini cara menghilangkan bau tak sedap dengan vodka

Sebelum menggunakan vodka untuk membersihkannya, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Vodka yang digunakan harus cairan yang tidak memiliki rasa dan warna. Kualitas vodka bukan masalah utama, sehingga Anda bisa menggunakan vodka yang paling murah. Namun sebaiknya pilih vodka dengan kandungan alkohol yang tinggi. 

Kemudian tuangkan vodka ke botol semprot. Pastikan botol semport dalam kondisi kering. Sebab vodka yang tercampur alkohol akan sulit menyerap bau tak sedap. 

Jika Anda menggunakannya ke pakaian, gantung baju terlebih dahulu. Kemudian semprotkan alkohol ke baju namun jangan sampai terlalu basah. Setelah itu, diamkan hingga kering dan bau tak sedap akan menghilang. 

Vodka menghilangkan bau tak sedap dengan menempel pada molekul penyebab bau
Bau tak sedap muncul di rumah Anda karena berbagai alasan. Bau tak sedap ini terbuat dari bahan organik dari alam atau tubuh manusia.

Baca Juga: 6 Manfaat Lemon bagi Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

Beberapa barang di rumah menjadi bau karena adanya sel kulit mati yang menempel, minyak, keringat, parfum dan makanan. Saat benda di rumah dibiarkan kotor, maka molekul penyebab bau akan memulai proses fermentasi. Saat ini terjadi, maka benda-benda di rumah mulai bau. 

Vodka adalah cara yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap karena terbuat dari alkohol dengan kadar tinggi yang bisa membunuh kuman. Saat Anda menyemprotkan vodka ke baju atau furnitur, alkohol akan mengelilingi molekul penyebab bau.

Ketika vodka mulai mengering, vodka akan menguap sembari mengikat molekul penyebab bau. Setelah area yang bau benar-benar kering, bau tak sedap akan segera menghilang. Demikian cara menghilangkan bau tak sedap di rumah menggunakan vodka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News