Keluarga

Cara Menata Makanan Di Dalam Kulkas Berdasarkan Jenis Makanannya

Cara Menata Makanan Di Dalam Kulkas Berdasarkan Jenis Makanannya

MOMSMONEY.ID -  Moms perlu mengikuti cara menata dan menyimpan makanan di kulkas supaya tetap menjaga rasa yang segar dan tak terkontaminasi. 

Moms tentu sering menyimpan makanan di dalam kulkas dengan harapan bisa lebih awet. Namun pernahkan Anda menemukan justru makanan jadi tak segar, berbau dan rasanya hilang?

Baca Juga: 6 Cara Menghindari Baterai Ponsel yang Cepat Habis, Bisa Diikuti!

Jika pernah mengalami hal tersebut, mungkin Moms salah cara menata makanan di dalam kulkas. Jika Moms sudah tahu cara menata yang benar, maka makanan akan lebih awet dan rasanya tetap bertahan. 

Makanan sisa 
Melansir Homes and Gardens, cara menata dan menyimpan makanan di kulkas sebaiknya di lokasi yang mudah terlihat. Jangan lupa simpan makanan sisa di wadah yang tertutup.
Kemudian, Anda bisa mengikuti aturan yang pertama kali masuk, itulah yang pertama keluar. Sehingga makanan sisa sebaiknya segera Anda makan setelah disimpan di kulkas. 
Jangan letakan sisa sup kaldu, ikan tuna, saus cranberry dan makanan lain di dalam kaleng. Apabila kaleng telah terbuka, besi kaleng bisa mengontaminasi rasa makanan lain. 

Ikan, Daging dan Ayam
Melansir Real Simple, Anda perlu menyimpan jenis daging dan ikan di tempat yang paling dingin di kulkas. Biasanya tempat yang paling dingin adalah di bagian paling bawah kulkas. Namun tak semua kulkas demikian. 
Namun ada baiknya Anda menyimpan daging di bagian paling bawah untuk mengurangi adanya tetesan yang bisa mengontaminasi bahan lainnya. Jika Anda perlu menyimpan di tempat yang lebih tinggi, pastikan Anda menggunakan wadah yang tertutup rapat. 

Produk susu

Jika Anda menyimpan produk susu, putar susu lama Anda menjadi di bagian paling depan. Kemudian hindari meletakkan produk susu di bagian pintu kulkas karena ini lokasi yang paling hangat. Sehingga pintu kulkas hanya untuk menyimpan bumbu atau makanan yang tidak mudah rusak jika disimpan di suhu ruang. 

Sayur dan buah

Anda perlu menyimpan sayur dan buah sesuai dengan jenisnya. Jangan mencampurkan sayur dan buah karena keduanya memiliki gas yang berbeda dan bisa merusak satu sama lain. 

Jika di kulkas Anda ada bagian yang seperti laci, maka ini merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan buah dan makanan. Bagian ini bisa lebih menjaga kelembapannya, apalagi jika dilengkapi ventilasi untuk mengatur udara masuk dan keluar. 

Bumbu pelengkap 
Bagian pintu kulkas adalah bagian terhangat jadia ada baiknya Anda menyimpan barang yang tidak mudah bocor dan tidak mudah rusak. Anda bisa menyimpan bumbu atau makanan pelengkap seperti saos, jelly, botol air minum. Hindari menyimpan susu sapi. 

Baca Juga: Jadwal MPL ID Season 11 Babak Reguler Pekan ke-3, Lengkap!

Sedangkan makanan siap saji dan minuman berukuran besar bisa disimpan di bagian atas. Demikian informasi tentang cara menata dan menyimpan makanan di kulkas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News