Keluarga

6 Cara Menghindari Baterai Ponsel yang Cepat Habis, Bisa Diikuti!

6 Cara Menghindari Baterai Ponsel yang Cepat Habis, Bisa Diikuti!

MOMSMONEY.ID - Daya baterai ponselmu cepat habis, padahal sering tak digunakan? Jangan salah, ada beberapa penyebab mengapa baterai HP Anda jadi cepat habis.

Penyebab baterai HP jadi cepat habis bisa disebabkan oleh beberapa cara, mulai dari aplikasi yang terlalu banyak dipakai, hingga tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Untuk dapat menghemat daya baterai HP, berikut ini beberapa cara menghindari baterai HP yang cepat habis. Dilansir dari Lottemart, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Jenis Maki Sushi Ala Jepang Berdasarkan Ukuran dan Penyajiannya

Redupkan layar HP

Layar HP yang terlalu cerah merupakan salah satu penyebab yang bikin baterai HP cepat habis. Maka cara menghindarinya adalah dengan meredupkan tingkat kecerahannya.

Jika Anda berada di dalam ruangan, ada baiknya meredupkan tingkat kecerahan layar sebagai salah satu opsi menghemat baterai HP. Namun jika Anda berada di luar ruangan/outdoor, tak ada salahnya menaikkan tingkat kecerahannya agar mata tak pusing saat melihat layar yang terlalu redup.

Jangan lupa untuk menggunakan wallpaper dengan warna netral agar tak terlalu menguras daya ponsel dan tak bikin mata jadi sakit karena layar HP terlalu cerah ataupun redup.

Baca Juga: Beri Literasi Keuangan, Intip 5 Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sesuai Usianya

Mematikan GPS

Cara menghindari baterai HP yang cepat habis dapat dilakukan dengan mematikan GPS apabila sedang tak dipakai. Meski fitur GPS punya banyak fungsi vital yang digunakan oleh masyarakat saat ini, namun tak menampik jika GPS juga dapat menguras baterai HP.

Jika Anda beres membuka Google Maps, jangan lupa untuk menonaktifkan kembali GPS. Selain akan menghemat baterai, menonaktifkan fitur ini juga dapat menghemat kuota.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 5 Tips Supaya Resolusi Tahun 2023 Sukses Teruwujud

Mematikan Wifi

wifi

Sama seperti GPS, Wifi dapat menguras baterai HP. Cara menghindari baterai HP yang cepat habis bisa dengan menonaktifkan Wifi.

Aktifkan wifi hanya saat sedang dipakai. Jika sudah tak dipakai lagi, segera matikan fitur ini untuk menghemat baterai HP.

Baca Juga: 7 Jenis Beras di Seluruh Dunia, Punya Warna dan Bentuk yang Unik

Tutup semua aplikasi tak terpakai

Cara menghindari baterai HP yang cepat habis bisa dengan menutup semua aplikasi yang tak dipakai.

Aplikasi yang sedang dibuka akan terus berjalan di latar belakang meski Anda sudah tak membuka HP. Aplikasi-aplikasi ini tanpa sadar terus berjalan dan akan mengurasi baterai HP sehingga membuatnya mudah lowbat.

Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang sering mengurasi baterai HP, cukup klik settings dan lihat konsumsi daya yang dilakukan pada masing-masing aplikasi.

Uninstall aplikasi yang paling menguras HP. Atau jika tak ingin di uninstall, cukup tutup aplikasi tersebut setelah memakainya.

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

Aktifkan fitur hemat daya

HP bisa mengatur penghemat dayanya tersendiri, loh. Fitur ini dinamakan power saving mode.

Salah satu cara menghindari baterai HP yang cepat habis bisa dengan mengaktifkan fitur yang satu ini. Baik tingkat kecerahan layar ponsel, maupun baterai bisa diatur dengan sendirinya sehingga masa baterai HP dapat diperpanjang.

Baca Juga: 3 Kunci Utama Perbedaan Grill, Barbeque, dan Roasting untuk Memasak Daging

Ketahui kapasitas baterai HP

Langkah-langkah di atas akan sia-sia jika saja Anda tak mengetahui berapa kapasitas baterai HP Anda. Sebab, kapasitas baterai HP dapat menentukan awet atau tidaknya daya ponsel.

Jika ingin punya HP dengan daya baterai yang kuat, awet, dan tak cepat habis, maka belilah HP dengan mengutamakan kapasitas baterai. Carilah HP dengan kapasitas baterai yang besar, sesuai dengan kebutuhanmu.

Mari ikuti sederet cara di atas untuk menghindari baterai HP yang cepat habis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News