Santai

Cara Menanam Pakcoy di Rumah, Sayuran yang Kaya Nutrisi dan Mudah Diolah

Cara Menanam Pakcoy di Rumah, Sayuran yang Kaya Nutrisi dan Mudah Diolah

MOMSMONEY.ID - Saat ini menanam sayuran pakcoy di rumah mudah dilakukan. Bagi Anda yang berminat, berikut cara menanam pakcoy di rumah. 

Menanam pakcoy di rumah bisa mengurangi biaya pengeluaran memasak. Sayuran yang dikenal dengan nama sawi sendok ini biasanya diolah menjadi makanan sehat. Pakcoy kerap bisa diolah menjadi tumis atau cah sayur sawi sendok. 

Selain itu, pakcoy memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pakcoy mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Mengutip Balcony Garden Web, berikut cara menanam pakcoy di rumah:

Menanam pakcoy di rumah perlu benih yang akan ditanam dan pot yang sesuai ukurannya. Caranya, taburkan benih sedalam 1/2 inci langsung di pot yang diinginkan dengan jarak 1 inci.

Anda juga bisa menggunakan nampan benih dan tabur 2 benih di setiap sel.

Baca Juga: Bisa Dicoba di Rumah, Berikut Cara Menanam Wortel dalam Pot

Pokcoy

Nantinya, dalam waktu 4 hari-8 hari, benih tersebut akan berkecambah. Ada tips, saat Anda menanam pakcoy dalam wadah, Anda juga dapat membeli tanaman muda dari pembibitan terdekat atau online.

Untuk menanam pakcoy, pilih wadah yang sedalam 6 inci dan selebar mungkin untuk menumbuhkan tunas pakcoy. 

Jika Anda menanam pak choi ukuran penuh, gunakan wadah dengan kedalaman 8-10 inci.

Baca Juga: 7 Tanaman Herbal yang Bisa Tumbuh di Air, Cocok Ditanam Dalam Ruangan

Kemudian, Anda bisa mulai memanen pakcoy setelah 3 minggu-4 minggu. Untuk memanennya, Anda perlu memotong daun bagian luar dengan hati-hati dan biarkan daun bagian dalam tumbuh subur. 

Untuk memanen seluruh kepala, tunggu selama 45 hari-55 hari, tergantung varietasnya. Potong seluruh tanaman di permukaan tanah dan gunakan sesuai dengan itu.

Selain itu, hindari membasahi dedaunan atau penyiraman yang berlebihan. Sebab genangan air dapat menyebabkan akar membusuk dan mengundang penyakit jamur lainnya.

Nah, bagaimana mudah kan cara menanam pakcoy di rumah? Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News