Santai

Butuh Camilan Sehat Saat Puasa? Siapkan 5 Makanan Ini Saja

Butuh Camilan Sehat Saat Puasa? Siapkan 5 Makanan Ini Saja

MOMSMONEY.ID - Tak kalah penting untuk disiapkan, berikut daftar camilan sehat yang juga perlu disiapkan saat bulan puasa.

Selain buah, camilan adalah salah satu jenis makanan yang tentunya banyak dikonsumsi ketika sedang berbuka puasa.

Baik makanan dan camilan sehat tentunya penting disiapkan menjelang masa puasa, agar pola hidup sehat tetap terjaga.

Nah, berikut beberapa jenis camilan sehat yang perlu disiapkan juga sebelum mulai menjalankan ibadah puasa:

Baca Juga: Ini Cara Menyimpan 4 Rempah di Rumah biar Tetap Segar di Masa Puasa

Kurma

Ternyata kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung pada buah ini. Kurma juga kerap digunakan sebagai makanan pembuka saat puasa.

Jika tetap dikonsumsi dalam kadar normal dan tidak berlebihan, kurma bisa memberikan banyak manfaat untuk merawat kesehatan tubuh. Sebab, kurma mengandung tinggi serat, tinggi vitamin B6, mengandung pemanis alami, dan bisa membantu merawat kesehatan tulang.

Kacang-kacang

Kacang-kacangan adalah salah satu jenis camilan sehat yang tetap bisa dikonsumsi ketika sedang berpuasa tanpa khawatir menambah berat badan. Baik kacang yang dikukus ataupun dipanggang, kacang tetap merupakan camilan sehat dengan kalori yang rendah.

Laman Health Line menjelaskan, kacang-kacangan menyediakan porsi lemak sehat, protein, dan serat yang seimbang. Sehingga, dapat tetap dikonsumsi selama masa puasa, namun tetap perhatikan porsi agar tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Baca Juga: Khusus Perempuan, 4 Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan saat Puasa lo

Dark chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate juga bisa dijadikan camilan sehat saat sedang menjalankan puasa. Rasa manis dan pahit yang pas membuat camilan cokelat ini cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Dengan memperhatikan porsi yang tepat dan tidak berlebihan, dark chocolate bisa memberikan manfaat yang baik. Salah satunya adalah ada kandungan anti-oksidan yang baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

Yogurt

Bagi yang menyukai rasa makanan manis dan asam, yogurt dapat dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat juga bagi kesehatan.

Yogurt, menurut laman Women’s Health Mag, adalah jenis camilan sehat yang penuh akan kandungan protein. Tambahkan buah-buah segar sebagai topping untuk menambah jumlah serat yang bernutrisi, untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan di masa puasa.

Protein bar

Berbuka puasa ada baiknya tidak langsung dibuka dengan makanan yang memiliki porsi besar. Protein bar bisa dijadikan salah satu menu berbuka puasa bersama dengan segelas air putih.

Protein bar mengandung banyak jenis protein yang bisa membantu untuk memenuhi rasa lapar dan mencukupi kebutuhan protein harian. Sehingga, porsi makanan juga dapat terkontrol dengan baik terutama di masa puasa.

Nah, itulah beragam rekomendasi camilan sehat yang tak kalah penting untuk disiapkan di bulan puasa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News