HOME, Keluarga

Burung Peliharaan Butuh Mandi, Berikut Cara Memandikannya agar Tetap Sehat

Burung Peliharaan Butuh Mandi, Berikut Cara Memandikannya agar Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID - Sangat penting untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan karena berpengaruh pada penampilan dan kesehatannya. Tak terkecuali burung yang dipelihara. Namun perlukah burung peliharaan dimandikan? Simak terus untuk mendapatkan jawabannya.

Dilansir dari The Spruce Pets, beberapa burung suka bermain di air dan menikmati waktu mereka di kolam-kolam kecil untuk burung. Sementara beberapa burung lainnya tidak menyukai mandi dan menolak berdekatan dengan air untuk mandi. Kedua hal ini tentu bergatung dengan aktivitas perawatan alami mereka di alam liar.

Baca Juga: 5 Jenis Biji-bijian Ini Bisa Menambah Kebutuhan Nutrisi Burung Peliharaan

Namun, burung yang dipelihara bagaimana pun membutuhkan air untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit mereka. Mandi dapat mendorong burung untuk merapikan atau merawat bulu mereka. Ini akan membuatnya bebas dari kotoran dan menjaga kilau alaminya yang indah.

Cara Memandikan Burung

Sebelum Anda mencari tahu tentang bagaimana cara memandikan burung, Anda perlu mengetahui beberapa peraturan dasar tentang mandi untuk burung. Dilansir dari VCA Hospitals, banyak burung menikmati mandi setiap hari, sementara yang lain lebih suka mandi sesekali. Anda dapat memulainya dengan menawarkan mandi untuk burung sebanyak sekali atau dua kali seminggu. Lalu, perhatikan responsnya terhadap mandi.

Baca Juga: Waspadai 5 Barang Rumah Tangga Ini yang Dapat Meracuni Burung Peliharaan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memandikan burung peliharaan. Pertama, Anda dapat menggunakan botol semprot bersih dan menciptakan kabut lembut pada burung Anda sebagai simulai hujan. Burung akan dengan senang hati menerima kabut ringan ini.

Anda mungkin juga bisa meletakkan semangkuk air di kandangnya untuk burung bermain-main air di dalamnya. Sementara burung yang lebih kecil seperti kenari, akan membasahi diri mereka sendiri dengan air yang menetes dari makanan sayuran segar mereka yang habis dicuci, seperti sawi hijau atau selada. Pilihan-pilihan ini tentu perlu disesuaikan dengan kondisi burung dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News