HOME, Bugar

Bukan Hanya Sebagai Bumbu Masak, Ini Manfaat Daun Rosemary Untuk Kesehatan

Bukan Hanya Sebagai Bumbu Masak, Ini Manfaat Daun Rosemary Untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Rosemary yang memiliki nama latin Rosmarinus officinalis merupakan tanaman herbal yang berasal dari daratan Mediterania. Namun, tanaman herbal ini kini telah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Daun rosemary kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti serat, protein, mineral (termasuk zat besi, kalsium, magnesium, dan zinc) serta vitamin A, B, dan vitamin C.  

Selain itu, rosemary kaya akan zat fitokimia seperti asam pantotenat, senyawa antioksidan, antiinflamasi, asam karnosat, niasin, tiamin, folat, hingga riboflavin, dilansir dari Mayo Clinic.

Berikut ini adalah beberapa manfaat rosemary bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Buah-Buahan yang Ampuh Meredekan Tekanan Darah Tinggi

1. Memelihara kesehatan otak

Dilansir dari Medical News Today, para ilmuwan telah menemukan bahwa rosemary juga baik untuk memelihara kesehatan otak. Sebab, daun rosemary mengandung senyawa yang disebut carnosic acid atau asam karbonat.

Senyawa tersebut berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas pada otak. Menariknya lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun rosemary secara signifikan dapat membantu mencegah penuaan otak.

Ekstrak daun rosemary diduga dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak dan memelihara kesehatan sel-sel otak.  

2. Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak rosemary terlihat dapat memelihara kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

Selain itu, kandungan antioksidan asam rosmarinik dalam rosemary juga diduga dapat mencegah penyakit katarak dan menghambat perkembangannya agar tidak menjadi katarak yang berat.

3. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Therapeutic Advances in Psychopharmacology, aroma dari daun rosemary, dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Penelitian tersebut dilakukan pada 20 orang dewasa sehat yang menghirup aroma rosemary selama 4-10 menit sebelum tes mental dimulai. Hasilnya, konsentrasi, kinerja, dan suasana hati para partisipan penelitian tersebut meningkat. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

4. Meringankan nyeri

Minyak esensial rosemary diketahui mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan nyeri. Zat antiradang ini terlihat dapat membantu meringankan nyeri akibat nyeri otot, nyeri sendi, dan kram atau nyeri saat menstruasi.

5. Meningkatkan kesehatan mata  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science mengungkapkan bahwa senyawa asam karbonat pada daun rosemary, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan mata.

Tak hanya itu, rosemary juga diyakini dapat dipergunakan untuk penyakit yang mempengaruhi retina luar. Salah satunya adalah penyakit degenerasi makula yang dipicu oleh faktor penuaan.

Perlu diketahui bahwa degenerasi makula merupakan gangguan mata terkait usia yang memengaruhi kemampuan untuk melihat.

Meski menambahkan daun rosemary diyakini dapat membuat makanan lebih sehat, tetapi bahan makanannya juga perlu diperhatikan. Pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi yang seimbang.

Memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, tentu dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selanjutnya: Kenali Manfaat dari Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin Setiap Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News