Bugar

Buat Masker Rumahan, Yuk! 3 Masker Alami untuk Kulit Sehat dan Cerah Merata

Buat Masker Rumahan, Yuk! 3 Masker Alami untuk Kulit Sehat dan Cerah Merata

MOMSMONEY.ID - Punya waktu luang? Saatnya merawat diri Anda dengan membuat masker alami rumahan. Membuat masker rumahan ini tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan beberapa bahan alami.

Selain bisa merawat diri, kebiasaan ini bisa menaikkan mood Anda juga. Tertarik mencoba? Melansir dari natur-e.co.id, simak penjelasannya di bawah ini, yaitu: 

1. Vitamin E Face Mask

Masker alami rumahan pertama dari bahan vitamin E. Vitamin E dikenal dengan kandungan antioksidannya yang baik untuk kulit. Manfaat vitamin E, mulai dari memperbaiki kulit yang tampak kusam, menunda penuaan, dan efektif mengatasi hiperpigmentasi kulit akibat terlalu sering terpapar sinar UV. 

Cara membuat masker rumahan ini, yaitu haluskan buah pepaya lalu campurkan dengan isi dari 2-3 kapsul vitamin E. Tambahkan beberapa tetes air mawar dan aduk hingga rata. Oleskan ke seluruh wajah dan leher lalu biarkan mengering sebelum membilasnya hingga bersih. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk hasil kulit yang sehat dan cerah. 

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Masker Kunyit untuk Perawatan Wajah

2. Olive Oil Face Mask

Selanjutnya, olive oil face mask juga bisa Anda jadikan masker rumahan. Persiapkan bahan-bahan seperti minyak zaitun, madu, dan kuning telur. Lalu, campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk sampai rata. 

Cukup oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang optimal, ulangi cara ini dua kali seminggu. Ketiga bahan tersebut dipercaya dapat membantu menjaga kulit tetap halus, lembab dan cerah merata. 

Minyak zaitun dikenal akan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Kemudian, nutrisi di dalam minyak zaitun juga membantu meningkatkan pergantian sel kulit yang bikin kulit sehat dan glowing alami.

3. Peppermint Face Mask

Masker alami rumahan lainnya terbuat dari peppermint. Minyak esensial peppermint dapat mengatasi kulit yang berminyak, mengencangkan pori-pori, dan menghilangkan bintik hitam atau hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari.

Yuk, simak cara membuatnya! Pertama, campurkan 1 sendok makan susu, 1 tetes minyak peppermint, dan 2 sendok makan bubuk clay lalu tambahkan 3 sendok makan air dan aduk merata. Lalu, oleskan campuran ini pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata lalu bilas setelah didiamkan selama 15 menit.

Peppermint terbukti mampu membantu kulit tampak lebih cerah karena mengandung bahan aktif alami, GigawhiteTM yang dikenal sebagai skin brightening.

Bahan aktif alami yang mampu menghambat pembentukan melanin pada kulit ini juga ditemukan di 6 bunga lainnya seperti cowslip, lady’s mantle, common wallow, lemon balm, gypsyweed, dan yarrow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News