HOME, Bugar

Buah Naga, Superfood yang Memiliki Banyak Sekali Manfaat

Buah Naga, Superfood yang Memiliki Banyak Sekali Manfaat

MOMSMONEY.ID - Buah naga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi. Buah tropis ini dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik.

Tampilannya unik, rasanya pun lezat, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Begitu banyak nutrisi dan vitamin dalam buah naga sehingga seringkali disebut sebagai makanan super atau super food.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat buah naga, simak penjelasan berikut ini, dirangkum dari Mayo Clinic

Baca Juga: Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

1. Menurunkan berat badan

Ketika melakukan program diet, orang akan lebih ditekan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan rendah kandungan kalorinya.

Makanya, orang yang sedang melakukan diet lebih baik memperbanyak konsumsi makanan rendah kalori. 

Kandungan serat yang tinggi pada buah naga ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan yang sebelumnya terlalu berlebihan. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi juga ditentukan dari jenis makanan yang kamu konsumsi. Hal ini karena kemampuannya untuk melindungi sel darah putih dari kerusakan. 

Vitamin C dan karotenoid yang ada pada buah naga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.  

3. Melawan penuaan dini

Salah satu hal yang ditakuti banyak wanita adalah kulit yang mengalami kerutan. Apalagi kalau mereka terbiasa dengan pola hidup yang tak sehat, seperti begadang dan makan tak sehat. 

Vitamin dan antioksidan berperan penting untuk mengatasi hal ini. Khususnya pada radikal yang memengaruhi rusaknya sel kulit. Antioksidan juga memiliki enzim yang dapat memecah komponen kulit seperti kolagen. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan kandungan Gizi Buah Bit yang Jarang Diketahui 

4. Menjaga keindahan rambut

Buah naga tak hanya baik bagi kulit. Buah ini juga dapat memberikan tampilan terbaik dan terawat bagi rambut kamu. Dengan perawatan buah naga dari luar, rambut kamu bisa mengkilat. 

Lebihnya lagi, buah naga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan baik. Buah ini juga dapat menghindari ujung rambut bercabang dan helaian rambut bisa tetap sehat, lembut, dan kuat. 

Semua itu didapat dari kandungan buah naga yang dapat menghidrasi rambut. Kolagen alami di dalamnya pun memberi perlindungan ekstra pada rambut. 

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain berfungsi untuk mencegah kanker, Lycopene juga memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi dan mencegah serangan penyakit jantung. 

Itu karena biji hitam para buah naga kaya akan nutrisi yang mampu mencegah gangguan pada sistem kardiovaskular. 

Itulah beberapa manfaat dari buah naga yang perlu Anda ketahui. Bangun pola hidup sehat dengan rajin makan buah dan sayur. Selain enak dikosumsi, nutrisi yang terkandung pada buah dan sayur juga mampu menjaga tubuhmu senantiasa sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News