HOME, Keluarga

Buah Monstera Deliciosa Enak Sekaligus Berbahaya, Amankah Dimakan?

Buah Monstera Deliciosa Enak Sekaligus Berbahaya, Amankah Dimakan?

MOMSMONEY.ID - Monstera deliciosa merupakan tanaman dari keluarga Araceae yang berupa semak cemara, epifit, berbuah, dapat tumbuh setinggi 20 meter atau lebih, dan menambatkan dirinya melalui akar udara. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh alami di daerah Amerika Tengah, seperti Panama, Nikaragua, Kosta Rika, Guatemala, Meksiko, dan di hutan pegunungan yang lembap pada ketinggian 900-1500 meter.

Di negara lain seperti Indonesia, tanaman monstera deliciosa banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Namun, di negara asalnya, monstera deliciosa dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi langsung atau dijadikan selai. Beberapa koki juga memasaknya dalam hidangan sup buah, salad, dan hidangan penutup lainnya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Menggunakan Pupuk Kimia Berlebihan

Jika Anda bertanya-tanya apakah buah deliciosa bisa dimakan, buah ini tentu bisa dimakan seperti buah-buahan lain. Rasa buah monstera memiliki rasa tropis yang kuat, seperti campuran antara pisang, nanas, dan stroberi. Beberapa orang juga menyebutnya seperti rasa kelapa dan mangga. Intinya, rasanya lezat seperti namanya ‘deliciosa’ yang artinya lezat.

Dilansir dari thehealthyhouseplant.com, buahnya terlihat sedikit seperti bulir jagug, atau mentimun besar kecuali dengan potongan-potongan kecil pelindung heksagonal hijau di atasnya. Di bagian daging bawah buah, menyerupai seperti buah nanas putih. Ini adalah buah yang berserat, bertekstur lengket yang mengelilingi ini tengah yang keras dan tak bisa dimakan. Bagian yang bisa dimakan terlihat seperti biji popcorn.

Baca Juga: Masalah yang Sering Dihadapi Tanaman Hias Monstera atau Janda Bolong

Saat buah dalam keadaan benar-benar matang, kulit luarnya akan terlepas sendiri, Anda bisa memakan langsung buahnya seperti memakan jagung. Baunya juga manis dan eksotis. Buah ini juga rendah kalori, tinggi potasium, dan vitamin C.

Namun, Anda perlu memperhatikan dengan serius jika akan mengonsumsi buah ini. Bagaimana pun, seluruh bagian dari tanaman monstera beracun, kecuali buahnya yang telah matang. Diketahui, buah deliciosa yang masih mentah dipenuhi dengan asam oksalat, yakni asam organik yang 10.000 kali lebih kuat daripada asam asetat. Zat ini biaanya digunakan untuk memutihkan kayu dan membersihkan karat dari logam.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Beracun Nerium Oleander

Jika buah masih mentah dikonsumsi manusia atau hewan, akan menyebabkan sakit tenggorokan dan iritasi kulit yang cukup parah. Akan tetapi, saat matang, buah deliciosa benar-benar aman dikonsumsi. Beberap orang yang mungkin sensitif terhadapnya, akan mengalami sedikit sensasi geli di mulut dan tenggorokan mereka, tetapi tidak apa-apa.

Tanda buah ini siap dikonsumsi adalah kulit pelindung terluar yang keras terlepas dan memperlihatkan bahan buah yang berdaging di bawahnya. Anda juga akan mencium aroma manis yang kuat untuk menunjukkan kematangannya.

Umumnya, buah ini akan muncul di musim gugur dan musim dingin. Tanaman akan mulai berbunga dan berbuah setelah berumur 3 tahun, tetapi Anda baru bisa memanen buah ini setelah satu tahun muncul buah agar benar-benar mendapatkan kematangan yang pas.

Selanjutnya: Metode Pemberian Pupuk yang Baik Pada Tanaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News