HOME

Masalah yang Sering Dihadapi Tanaman Hias Monstera atau Janda Bolong

Masalah yang Sering Dihadapi Tanaman Hias Monstera atau Janda Bolong

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias monstera atau janda bolong termasuk tanamanan yang mudah dirawat dan jarang terkena hama.

Meski begitu, faktanya tanaman tetap akan mati bila tidak ditangani dengan tepat dan benar. Tanaman monstera membutuhkan ruang untuk tumbuh dan perawatan agar tetap subur.

Monstera adalah tanaman yang indah dan menyenangkan untuk dilihat. Saat masih muda, tanaman monstera hanya memiliki beberapa lubang saja.  Seiring bertambahnya usia, daun akan semakin besar dan memiliki banyak lubang.

Masalah kesehatan tanaman pun dapat terjadi pada waktu-waktu pertumbuhannya. Berikut beberapa masalah yang sering dihadapi tanaman monstera atau janda bolong.

Baca Juga: Alasan Pemberian Nama Keju Swiss dan Janda Bolong pada Tanaman Monstera

Daun dan Batang Tumbuh di Tempat Gelap

Pada umumnya, tanaman akan tumbuh mengikuti cahaya sinar matahari, tetapi tidak dengan monstera. Jika tingkat cahaya cukup rendah, daun dan pucuk muda pada monstera akan sering tumbuh menuju area yang lebih gelap. Ini dikenal sebagai fototropisme negatif.

Dilansir dari ourhouseplants.com, mereka mencari tempat yang benar-benar gelap karena di alam liar hutan hujan tropis pohon-pohon tinggi berdiri. Setelah mencapai tunas, akan tumbuh memanjat untuk sampai ke puncak langit-langit yang terbuka dan lebih terang.

Jika ini terjadi, Anda dapat melipat kembali batang yang merambat buruk ke batang utama. Singkirkan tunas-tunas yang tumbuh tidak baik dan pertimbangkan tempat yang lebih terang untuk tanaman secara umum.

Baca Juga: Begini Langkah-Langkah Budidaya Tanaman dengan Sistem Aeroponik

Daun Menguning

Dalam 80% kasus, daun menguning disebabkan karena terlalu dingin, penyiraman berlebihan, atau kombinasi keduanya. Maka, Anda perlu menempatkan tanaman di ruangan yang cukup sinar matahari dan mengurangi jumlah air karena monstera tak perlu banyak disiram.

Sementara 20% lainnya diakibatkan oleh kerontokan alami dari daun tua yang tak perlu Anda khawatirkan.

Jika daun menguning ini muncul secara acak, kemungkinan besar penyebabnya adalah sinar matahari yang terlalu terik.

Jika warna kuning muncul dengan bintik cokelat, maka penyebabnya di bawah air. Menguning pada daun bisa jadi karena tanaman kelaparan. Paling tidak, Anda dapat memberikan pupuk dalam sebulan sekali dan menyiraminya dengan tepat.

Daun Monstera Tidak Berlubang

Daun tanaman muda atau pada batang yang masih baru biasanya muncul tanpa lubang. Efek berlubang ini akan muncul seiring bertambahnya usia.

Namun, jika kasus ini terjadi pada tanaman monstera yang sudah tua, penyebab umumnya adalah terlalu sedikit cahaya dan kurang makan. I

Hal ini tak menutup kemungkinan saat Anda membeli monstera yang masih muda, pedagang salah memberikan tanaman philodendron kepada Anda karena keduanya sangat mirip ketika masih muda!

Baca Juga: Rawan Menguning, Begini Cara Merawat Tanaman Monstera

Akar Udara

Beberapa kali, monstera akan memiliki akar merayap cokelat yang muncul lebih tinggi di batangnya. Ini mungkin bukan pilihan Anda karena dapat mengganggu keindahan.

Namun, di alam liar ini berfungsi untuk membantu menambatkan batang panjang yang lemah ke struktur terdekat seperti pohon dan memberikan akses tambahan air dan nutrisi.

Ini bukan masalah besar yang harus dikhawatirkan. Anda dapat meninggalkan mereka apa adanya, memotongnya, atau mencoba memasukannya ke dalam tanah jika cukup. Pilihan ketiga adalah yang terbaik, tetapi memotongnya juga tak jadi masalah.

Selanjutnya: Kelebihan Memelihara Tanaman Hias Monstera di Dalam Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News