HOME, Keluarga

Bolehkah Kucing Menggunakan Obat Tetes Mata Insto? Ini Jawabannya

Bolehkah Kucing Menggunakan Obat Tetes Mata Insto? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Kucing juga memiliki kotoran mata seperti halnya manusia. Mereka juga dpaat mengalami masalah mata yang menyebabkanya mata merah atau bengkak. Baik itu disebabkan oleh debu, alergi, atau hal lainnya.

Akhirnya, banyak pemilik kucing yang memiliki ide untuk memberikan obat mata untuk manusia, seperti insto, untuk mata kucing peliharaan. Hal ini bahkan tidak dikonsultasikan dulu dengan dokter hewan. Apakah hal ini aman untuk hewan kucing?

Baca Juga: 5 Sumber Serat yang Baik untuk Anjing dan Cara Memberikannya

Sebelum mengetahui apakah obat tetes manusia atau insto aman untuk kucing. Anda perlu mengetahui bahwa obat tetes manusia memiliki tiga kategori utama yang masing-masing digunakan untuk mengobati berbagai masalah mata yang berbeda.

Dilansir dari Mr. Bosscat, pertama, tetes mata air mata buatan yang digunakan untuk mengobati mata kering.

Kedua, tetes mata alergi untuk membantu menenangkan mata merah, gatal, dan berair yang diakibatkan oleh alergi.

Ketiga, tetes mata antikemerahan yang digunakan untuk mengobati mata merah yang memerah.

Dari ketiganya, obat tetes alergi dan obat tetes antikemerahan tidak aman untuk kucing.

Hal itu karena obat-obat tersebut belum diuji pada kucing dan dikhawatirkan dapat membuat mata kucing Anda sakit serta berair jauh lebih parah. Dalam hal ini, insto tidak aman untuk kucing karena ini adalah obat untuk iritasi mata.

Baca Juga: Kenapa Kucing Selalu Ingin Kabur dari Rumah? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Di sisi lain, air mata buatan umumnya aman untuk kucing. Fisiologi mata manusia dan mata kucing sangat mirip dan memilih pH yang sama. Ini berarti bahwa setiap air mata buatan tidak akan menyebabkan fluktuasi pH.

Satu-satunya risiko kecil adalah bila kucing Anda memiliki alergi langka terhadap salah satu bahan.

Kendati demikian, bila Anda menemukan adanya masalah pada mata kucing, lebih baik Anda mengonsultasikan kondisi matanya kepada dokter hewan. Kucing akan mendapatkan penanganan yang lebih ahli dan tepat untuk mengatasi masalah matanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News