HOME, Keluarga

5 Sumber Serat yang Baik untuk Anjing dan Cara Memberikannya

5 Sumber Serat yang Baik untuk Anjing dan Cara Memberikannya

MOMSMONEY.ID - Serat memang tidak dianggap sebagai nutrisi yang penting karena tidak dapat dicerna, tetapi ini adalah komponen yang penting dari makanan anjing yang baik untuk sistem pencernaannya.

Sebagian besar makanan anjing memiliki beberapa bentuk serat, tetapi ini tidak cukup untuk kebutuhannya dan membutuhkan sedikit dorongan.

Jika Anda mencari sesuatu untuk melengkapi seratnya, dilansir dari Petkeen, berikut beberapa sumber serat yang baik untuk anjing.

Apel

Apel adalah buah yang enak, renyah, dan menyegarkan untuk anjing. Mereka rendah lemak dengan jumlah kalori 95 kkal dengan serat 4.4 g untuk 1 apel sedang (182 g).

Jenis seratnya adalah serat larut (buah) dan tidak larut (kulit). Buah apel juga diperkaya dengan vitamin lain yang baik untuk kesehatan anjing.

Baca Juga: 4 Manfaat Aktivitas Olahraga Rutin untuk Anjing Peliharaan

Sajikan apel dengan porsi kecil yang sudah dibuang bijinya dan dipotong dadu agar mudah dimakan anjing. Ingatlah bahwa apel juga tinggi gula yang tidak baik untuk anjing dengan masalah tiroid, obesitas, dan diabetes.  

Bubur Labu

Bubur labu adalah salah satu sumber serat makanan terbaik untuk anjing, kucing, dan juga manusia. Rasa labu juga dapat dinimati oleh anjing dan mudah untuk dicampur ke dalam makanannya. Ini adalah makanan yang padat nutrisi, tetapi rendah kalori yakni sekitar 24 kkal dengan serat 2 g dalam 4 sendok makan.  

Kacang Hijau

Kacang hijau adalah makanan yang terjangkau, alami, dan rendah lemak. Kalorinya hanya 16 kkal dengan serat larut dan tidak larut dalam ½ cangkir.

Kacang hijau juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C, zat besi, dan vitamin B1, B3, B6.

Anjing dapat mengonsumsi kacang hijau yang dimasak, mentah, dan kalengan. Namun, hindari untuk memberikan kacang hijau yang sudah dibumbui.

Namun, menu ini tidak direkomendasikan untuk anjing yang kelebihan berat badan. Mulailah sekitar 10% dari makanan anjing.

Baca Juga: Ketahui Bahayanya Bila Anjing Mengonsumsi Cemilan Cokelat

Biji Rami Tanah (Flaxseed)

Biji rami tanah sangat baik untuk diet anjing. Ini makanan yang kaya akan serat makanan yang larut dan tidak larut.

Biji rami juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dapat membantu kulit serta bulu anjing tetap sehat. Jumlah kalorinya 37 kkal dengan serat 1,9 g untuk setiap 1 sdm biji rami tanah.

Namun, jangan pernah memberi makan anjing Anda biji rami yang masih mentah atau tidak diproses.

Dilansir dari Petmd, Anda dapat memasukkan biji yang telah dicincang atau digiling ke dalam makanan anjing yang Anda buat. Namun, biji rami tanah ini tidak baik untuk anjing dengan kondisi tiroid, jantung, dan diabetes.

Bibit Gandum

Bibit gandum adalah produk biji-bijian yang kaya akan nutrisi dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Sumber seratnya berupa serat tidak larut dengan jumlah kalori 31 kkal dan serat 1 g untuk setiap 1 sendok makan bibit gandum. Ini juga mengandung magnesium dan fosfor yang penting untuk diet seimbang.

Untuk ukuran porsinya, anjing mainan membutuhkan /4 sdt bibit gandum, anjing kecil 1 sdt, anjing sedang 1 ½ sdt – 1 sdm, dan anjing besar 1-2 sdm. Anda dapat mencampurkan bibit gandum dalam makanan buatan rumah untuk mereka atau ke dalam makanan basahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News