Keluarga

Bisakah Menggunakan Essential Oil di Humidifier? Ini Jawabannya

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 22 Juli 2021 | 19:05 WIB
Bisakah Menggunakan Essential Oil di Humidifier? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi, essential oil menjadi salah satu barang yang banyak dicari karena aromanya diyakini dapat membantu meningkatkan mood dan imun tubuh. Essential oil biasanya digunakan bersama dengan diffuser yang membantu menyebarkan aromanya ke seluruh ruangan.

Seiring dengan naiknya minat pada essential oil, ada satu pertanyaan yang mungkin banyak dipikirkan: bisakah essential oil digunakan di humidifier?

Kalau moms termasuk orang yang menanyakan hal tersebut, jangan khawatir. Yuk, simak artikel berikut untuk mendapatkan jawabannya!

Baca Juga: Apa Bedanya Air Purifier dengan Air Humidifier? Baca di Sini

Bisakah menggunakan essential oil di humidifier?

Dirangkum dari beberapa situs seperti Hunker dan housefragrance.com, essential oil tidak disarankan untuk digunakan bersama humidifier karena fungsi humidifier hanya untuk menguapkan air murni yang bertujuan untuk mengembalikan kelembapan udara.

Jika ingin menyebarkan aroma essential oil, maka alat yang digunakan adalah diffuser. Alat ini bekerja dengan cara memecah partikel minyak dalam essential oil menjadi uap yang mudah dihirup, sehingga manfaatnya bisa didapatkan dengan mudah.

Apa yang terjadi jika essential oil digunakan di humidifier?

Walaupun sama-sama berfungsi untuk menyebarkan uap air, mekanisme di dalam alat humidifier tidak dapat menyebarkan partikel minyak dalam essential oil seperti layaknya diffuser.

Berikut beberapa hal yang bisa terjadi jika menggunakan essential oil dengan humidifier:

Rusaknya bagian plastik di dalam humidifier. Essential oil, khususnya varian sitrus seperti lemon atau jeruk, bisa merusak bagian plastik di dalam humidifier karena alat tersebut tidak didesain untuk menampung minyak dari essential oil.

Baca Juga: Sedang Mencari Vacuum Cleaner? Coba 3 Merek Ini

Menyumbat mekanisme di dalam alat. Partikel-partikel minyak yang terdapat dalam essential oil tidak dapat dipecah dalam humidifier seperti diffuser. Akibatnya, partikel minyak ini dapat menyumbat mesin dan menghambat kerja humidifier.

Rusaknya fungsi essential oil. Humidifier menggunakan panas untuk membantu menguapkan air ke dalam ruangan. Panas tersebut bisa memecah kandungan tertentu dalam essential oil, yang berakibat pada hilangnya fungsi aromaterapi dari essential oil.

Meninggalkan residu yang menempel. Minyak yang dimasukkan ke dalam tangki air humidifier tidak bisa diuapkan dengan sempurna. Akibatnya, akan ada residu minyak yang menempel di sisi dalam tangki. Jika tidak rajin dibersihkan, residu minyak dapat menyebabkan bagian dalam tangki berkerak dan rusak.

Moms, itu tadi alasan mengapa essential oil tidak disarankan untuk digunakan bersama humidifier. Kesimpulannya, penggunaan essential oil bersama humidifier malah akan merusak alat dan essential oil itu sendiri.

Bagaimana, sudah paham kan? Jangan lupa, gunakan diffuser jika ingin menikmati aromaterapi dengan essential oil dan gunakan humidifier untuk mengembalikan kelembapan udara yang kering.

Selanjutnya: Inilah Tiga Cara Alami Mengatasi Masalah Ruam Kulit

Editor: Kania Paramahita
Terbaru
momsmoney.id