Bugar

Bisa Mengatasi Kemandulan, Ini Manfaat Lain Daun Sambung yang Perlu Diketahui

Bisa Mengatasi Kemandulan, Ini Manfaat Lain Daun Sambung yang Perlu Diketahui

MOMSMONEY.ID - Daun sambung atau daun dewa, dipercaya memiliki banyak manfaat. Daun sambung ini banyak tumbuh di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Antioksidan yang terkandung dalam daun sambung dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kanker.

Daun sambung juga diyakini bisa mengatasi penyakit jantung dan diabetes. Selain itu, menurut Web MD, ada manfaat lain daun sambung untuk kesehatan yang sudah diteliti, antara lain: 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Mengatasi diabetes dan kemandulan

Manfaat daun sambung yang pertama adalah mengatasi diabetes dan juga kemandulan. Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung dapat menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, daun sambung bisa mengatasi kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati.

Melawan bakteri penyebab infeksi

Manfaat daun sambung yang kedua bisa melawan bakteri penyebab infeksi. Air rebusan daun sambung diketahui dapat mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab malaria.

Bukan hanya itu, daun sambung juga mampu menghambat aktivitas virus penyebab herpes, bakteri penyebab infeksi, hingga jamur penyebab kurap. 

Meredakan peradangan

Manfaat daun sambung yang ketiga adalah meredakan peradangan. Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam daun sambung memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus.

Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik, dan penyakit tertentu yang disebabkan oleh virus.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mencegah penyakit ginjal

Manfaat daun sambung yang lain adalah mencegah penyakit ginjal. Ekstrak daun sambung bisa menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang bisa menyebabkan gangguan ginjal.

Namun, penelitian ini masih terbatas dan membutuhkan studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun sambung dalam mencegah maupun mengatasi penyakit.

Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sambung terakhir adalah mengatasi gangguan pencernaan. Luka lambung dan usus, penyebab perdarahan pada saluran cerna dapat diredakan dengan ekstrak daun sambung.

Selain itu, ekstrak daun ini terlihat dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.

Meski banyak khasiat atau manfaat daun sambung yang sudah diteliti, belum ada bukti yang cukup untuk memastikan manfaat tanaman ini dalam pengobatan.

Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sambung, terlebih jika Anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu, sedang hamil, atau sedang menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News