Bugar

Bisa Dicoba! Ini 5 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Saat Haid

Bisa Dicoba! Ini 5 Olahraga yang Membantu Meredakan Nyeri Saat Haid

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid yang bisa Anda coba. Nyeri saat haid adalah keluhan yang umum dirasakan oleh wanita selama haid.

Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi.  

Untuk mengurangi nyeri haid, Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda, jalan santai, dan yoga.

Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan secara rutin terbukti mampu mengurangi nyeri haid pada beberapa wanita. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri alami. Hormon ini dapat mengurangi nyeri haid yang muncul. 

Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Pilates

Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid yaitu pilates. Tak hanya itu, olahraga ini pun baik untuk memperkuat otot dan sendi serta meringankan nyeri punggung.

Gerakan dalam pilates baik untuk melancarkan aliran darah, meregangkan otot, dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri saat haid. 

Baca Juga: Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Bersepeda

2. Berenang

Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid lainnya adalah berenang. Ada mitos yang menyebutkan bahwa wanita tidak boleh berenang saat haid, ini tidak benar.

Nyatanya, berenang saat haid termasuk aman jika Anda menggunakan produk haid yang tepat, seperti tampon atau menstrual cup. 

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengurangi kram dan kelelahan selama haid. Durasi renang yang dianjurkan sekitar 10–30 menit sebanyak 2–5 kali seminggu. 

3. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa membuat tubuh lebih rileks serta mengurangi keluhan nyeri haid. 

Olahraga yang praktis dan bisa dilakukan di rumah ini terbukti efektif untuk mengurangi gejala nyeri dan stres pada wanita saat haid.  

4. Jalan santai

Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid selanjutnya adalah jalan santai. 

Olahraga ringan, seperti jalan santai, terbukti dapat meringankan keluhan yang muncul saat haid, misalnya nyeri atau kram perut, sakit kepala, perut kembung, dan nyeri payudara. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk melakukan jalan santai. 

Baca Juga: Ketahui Sederet Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita HIV AIDS

5. Bersepeda

Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid terakhir adalah bersepeda. Bersepeda termasuk olahraga aerobik ringan yang baik untuk mengurangi nyeri haid.

Jika rutin dilakukan, bersepeda akan membuat aliran darah lebih lancar dan membuat lebih rileks, sehingga nyeri saat haid pun akan berkurang. 

Jika belum terbiasa, Anda bisa memulainya dengan bersepeda selama 15–20 menit, lalu tingkatkan secara perlahan hingga sekitar 30 menit setiap harinya. 

Selain aktif berolahraga, kamu dapat meredakan nyeri haid melalui pola makan sehat. Ada baiknya kamu menghindari makanan dengan terlalu banyak garam selama periode haid. 

Fokuslah makan buah dan sayuran, serta makanan sehat lainnya seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Itulah beberapa olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News