Bugar

Ketahui Sederet Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita HIV AIDS

Ketahui Sederet Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita HIV AIDS

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang perlu Anda ketahui.

Penderita HIV AIDS perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah komplikasi serius. Misalnya, dengan menerapkan pola makan yang sehat dan menghentikan kebiasaan merokok.

Penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) mampu melemahkan imunitas sehingga membuat tubuh rentan terserang penyakit.

Jika tidak ditangani dengan tepat, HIV dapat berkembang menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Pada tahap akhir tersebut, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi, sehingga risiko mengalami penyakit serius lebih besar.

Untuk mencegah infeksi lebih lanjut, orang dengan HIV AIDS (ODHA) perlu menerapkan gaya hidup sehat. Contohnya dengan meninggalkan kebiasaan merokok.

Bagi seseorang yang sehat saja rokok bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan, apalagi untuk orang yang sudah terkena HIV.

Peneliti dari Syracuse University menganalisis data dari 212 penderita HIV AIDS yang merokok. Hasilnya, mereka lebih sering mengalami batuk dan pusing.

Pola hidup sehat merupakan hal yang harus selalu diutamakan, tak pandang sudah seberapa parah HIV AIDS yang diderita.

Baca Juga: Penyebab Benjolan di Ketiak & Penyakit dengan Benjolan di Ketiak

Oleh karena itu, dilansir dari Web MD dan Medical News Today, sederet tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Minum obat antiretroviral (ART) secara rutin

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang pertama adalah rutin minum obat antiretrovival (ART). 

Pengobatan HIV AIDS sejauh ini memang belum bisa menyembuhkan dan mematikan virus HIV secara total.

Namun, pengobatan penting dilakukan untuk menekan jumlah virus dan mencegah virus HIV semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh penderita.

Obat tersebut membantu sistem kekebalan tubuh dalam mencegah dan melawan infeksi, serta menurunkan risiko penyebaran virus HIV ke orang lain.

Itulah sebabnya, penderita HIV AIDS perlu mengonsumsi obat ART secara rutin sesuai dosis dan petunjuk yang telah disarankan dokter.

2. Mempraktikan seks yang lebih aman

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang kedua adalah mempraktikkan seks yang lebih aman. Mengidap HIV tidak berarti akhir dari kehidupan seks penderitanya.

Namun, penderita memang harus selalu menggunakan kondom baru setiap kali melakukan hubungan intim.

Hal ini bertujuan untuk melindungi pasangan dari infeksi HIV dan akan melindungi dari penyakit menular seksual (PMS) yang dapat memperumit status kesehatan penderita. 

3. Menjaga berat badan ideal

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang berikutnya adalah menjaga berat badan ideal.

Hal ini karena badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat memperburuk kondisi penyakit dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Untuk mengetahui berat badan ideal, ODHA perlu menghitung indeks massa tubuh (IMT).

Jika IMT menunjukkan berat badan berlebihan atau justru kurang, dokter biasanya akan membantu untuk menentukan langkah-langkah yang dapat dilakukan guna mencapai berat badan ideal.

4. Rutin cek penyakit menular seksual

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang keempat adalah rutin cek penyakit menular seksual. Banyak orang HIV juga memiliki PMS lain, meskipun tidak menunjukkan gejala.

Jalani tes untuk mengetahui apakah Anda memiliki infeksi lain dan dapatkan perawatan jika ternyata Anda mengalaminya.

Baca Juga: Sederet Gejala dan Penyebab Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelakan

5. Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang kelima adalah mengonsumsi makanan tinggi nutrisi. 

Konsumsi makanan kaya nutrisi, seperti buah, sayur, biji-bijian, telur, dan susu, memiliki beragam manfaat. 

Hal ini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh memperoleh nutrisi dan energi, serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, orang dengan HIV AIDS juga harus mencukupi asupan cairan dengan mengonsumsi 8 gelas air putih per hari, serta membatasi asupan gula, garam, dan makanan berlemak.

Tidak hanya itu, pastikan makanan sudah dibersihkan dan dimasak hingga matang sebelum dikonsumsi.

Karena sistem kekebalan tubuhnya yang lebih lemah, penderita HIV AIDS rentan mengalami infeksi jika mengonsumsi makanan yang tidak bersih, dimasak setengah matang, atau mentah.

6. Kelola stres dan minta dukungan

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang keenam adalah mengelola stres dengan baik dan minta dukungan orang sekitar. 

Menjaga kesehatan mental dan emosional sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Tidak mudah memang untuk menerima kenyataan bahwa Anda telah terdiagnosis HIV.

Anda mungkin juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sekarang. Cobalah untuk berbicara dengan teman dan keluarga atau orang lain yang telah hidup dengan HIV.

7. Berolahraga secara rutin

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang selanjunta adalah berolahraga secara rutin. 

Olahraga dapat meningkatkan kekuatan, ketahanan, dan kebugaran tubuh, sekaligus membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan infeksi.

Berjalan, bersepeda, atau jogging selama 20–30 menit minimal 3 kali dalam seminggu bisa menjadi pilihan olahraga yang baik bagi penderita HIV AIDS.

Meski demikian, ODHA sebaiknya tetap melakukan konsultasi ke dokter untuk menentukan jenis olahraga yang aman dilakukan.

8. Menghindari rokok dan minuman beralkohol

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang lainnya adalah menghindari rokok dan minuman beralkohol. 

Menghindari dua kebiasaan buruk ini juga penting dalam menjalani hidup dengan HIV AIDS.

Penderita HIV AIDS yang memiliki kebiasaan merokok berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan, seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Begitu pula jika ODHA mengonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh semakin lemah dan merusak organ hati.

Baca Juga: Kenali 5 Fakta Penting Tentang Penyakit HIV/AIDS yang Wajib Diketahui

9. Terapkan pola makan sehat

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang lain adalah menerapkan pola makan sehat. Hal ini menjadi pondasi utama kesehatan tubuh seseorang, terutama untuk ODHA.

Makanan yang sehat dan nutrisi yang memadai bisa memperlambat perkembangan AIDS dan mencegah komplikasi yang berhubungan dengan penyakit ini. 

Contoh makanan sehat yang direkomendasikan, yaitu biji-bijian, produk susu rendah lemak, protein tanpa lemak, buah dan sayuran.

Lengkapi dengan multivitamin, terutama B12 dan seng. Batasi makanan berlemak, makanan berpengawet, makanan cepat saji, kafein, minuman bersoda dan minuman dengan pemanis tambahan.

10. Melengkapi imunisasi

Tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang terakhir adalah melengkapi imunisasi. Imunisasi memang tidak bisa menghilangkan virus HIV atau mengobati penyakit infeksi.

Akan tetapi, imunisasi dapat mencegah infeksi virus dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit serius pada ODHA, seperti meningitis, pneumonia, dan hepatitis B.

Mengingat bahwa virus HIV dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat penderitanya rentan terkena penyakit infeksi. 

Maka imunisasi merupakan salah satu langkah penting yang perlu dijalani oleh orang yang hidup dengan HIV AIDS

Walau demikian, pemberian imunisasi pada ODHA ada syaratnya. Beberapa jenis imunisasi tidak boleh diberikan jika kondisi kekebalan tubuh ODHA sedang lemah.

Untuk menentukan apakah kondisi tubuhnya cocok untuk diberikan imunisasi, orang yang hidup dengan HIV AIDS perlu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Itulah sederet tips pola hidup sehat untuk penderita HIV AIDS yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News