Keluarga

Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Cara Mencerahkan Bibir Gelap dengan Bahan Alami

Bisa Dicoba di Rumah, Ini 5 Cara Mencerahkan Bibir Gelap dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Ini 5 cara mencerahkan bibir gelap dengan bahan alami. Yuk, coba di rumah!

Bibir gelap dapat terjadi karena berbagai faktor. Di antaranya paparan sinar matahari yang terlalu lama, penggunaan lipstick, penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride, kebiasaan merokok, jarang eksfoliasi, hingga konsumsi kafein atau minuman panas yang terlalu sering.

Ada beragam cara yang bisa Anda coba untuk membantu mencerahkan bibir gelap, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Melansir HerZindagi, inilah 5 cara mencerahkan bibir gelap dengan bahan alami yang patut Anda coba di rumah.

Baca Juga: Super Lembab, Ini 4 Rekomendasi Micellar Water untuk Kulit Kering dan Kusam Terbaik

1. Pakai delima dan susu

Delima atau pomegranate mampu membantu mengurangi produksi melanin di kulit yang selanjutnya bisa membantu mencerahkan bibir gelap. Sementara itu, susu mengandung lactic acid yang bermanfaat untuk membantu mengurangi pigmentasi kulit.

Untuk mencerahkan bibir gelap menggunakan delima dan susu, pertama-tama blender terlebih dahulu biji delima hingga berbentuk pasta. Setelah itu, campurkan pasta delima dengan susu secukupnya lalu oleskan pada bibir Anda. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas bibir Anda hingga bersih menggunakan air dingin.

Dengan melakukan perawatan ini secara teratur setiap hari, bibir yang gelap pun akan berubah menjadi merah muda secara perlahan.

2. Eksfoliasi dengan madu dan gula

Ini merupakan pengobatan rumahan yang paling mudah dan cukup efektif untuk membantu mencerahkan bibir gelap asalkan dilakukan secara teratur. Dengan mencampurkan madu dan gula, itu akan terbentuk scrub yang bagus untuk membersihkan lapisan sel kulit mati di bibir Anda.

Madu bermanfaat untuk melembabkan bibir, sedangkan gula mampu mengelupas dan membersihkan sel-sel kulit mati dengan lembut. Perpaduan antara madu dan gula juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bibir, lho.

Untuk membuat scrub bibir ini, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan madu dengan gula secukupnya. Aduk rata lalu pijat-pijatkan pada bibir Anda dengan perlahan.

3. Campurkan lemon dengan almond oil

Lemon merupakan agen pencerah kulit yang luar biasa. Lemon mampu bekerja sebagai pemutih alami untuk kulit termasuk kulit di bagian bibir.

Di sisi lain, almond oil mengandung vitamin E serta memiliki kemampuan untuk menghidrasi sekaligus mencerahkan warna bibir.

Peras setengah buah lemon segar dan campurkan dengan 1 sendok makan almond oil. Setelah tercampur merata, oleskan campuran ini pada bibir Anda lalu pijat-pijat secara lembut selama beberapa menit sebelum dibilas.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Makeup Remover Terbaik yang Ampuh Hapus Makeup Waterproof

4. Manfaatkan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat melembabkan yang bisa membuat bibir terasa lembut dan terhidrasi. Pasalnya, bibir dapat terlihat lebih gelap jika Anda mengalami dehidrasi, maka minyak kelapa patut Anda coba untuk memastikan bibir tetap terhidrasi.

Ambil minyak kelapa organik secukupnya menggunakan jari kemudian oleskan secara langsung ke bibir Anda. Lalu, biarkan minyak kelapa mengering dengan sendirinya di bibir Anda.

Anda dapat menerapkan metode ini sebanyak 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

5. Buat pasta mentimun

Mentimun memiliki antioksidan yang dapat membantu mengurangi pigmentasi pada kulit. Dengan memanfaatkan mentimun, itu bisa membantu mencerahkan bibir Anda yang kegelapan.

Caranya mudah, iris-iris mentimun secukupnya lalu haluskan hingga berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta mentimun pada bibir Anda dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Nah, itulah 5 cara mencerahkan bibir gelap menggunakan bahan alami. Kira-kira, cara mana yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News