Santai

Bisa Cegah Penyakit Kronis, Ini 6 Manfaat dan Fakta tentang Chia Seed

Bisa Cegah Penyakit Kronis, Ini 6 Manfaat dan Fakta tentang Chia Seed

MOMSMONEY.ID - Ini dia sederet manfaat dan fakta menarik tentang chia seed yang populer digunakan sebagai menu diet.

Chia seed adalah biji-bijian yang memiliki bentuk kecil dan berwarna hitam. Biasanya, bahan makanan ini sering dijadikan sebagai menu diet yang menyehatkan.

Sebab, kandungan manfaatnya yang baik bagi tubuh. Selain itu, bahan makanan ini juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan dikonsumsi.

Simak daftar manfaat dan fakta menarik tentang chia seed yang jarang diketahui orang berikut:

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Makan Kulit Kentang

Lemak yang baik

Chia seed merupakan biji-bijian yang mengandung banyak lemak baik, termasuk fatty acid omega 3. 75% dari total lemak pada chia seed mengandung omega 3 alpha linoleic acid atau ALA.

Sedangkan 20% nya terdiri dari omega 3 fatty acids yang sama-sama baik bagi kesehatan.

Sudah dikonsumsi sejak lama

Chia seed diperoleh dari tanaman Chia yang dalam bahasa Maya yang berarti kekuatan. Chia seed sendiri telah dikonsumsi oleh masyarakat asli Amerika dan Mexico sejak ratusan tahun lalu.

Biasanya chia seed digunakan dalam campuran roti, bubur, maupun obat-obatan karena memiliki manfaat untuk menguatkan tubuh.

Kaya serat                 

Kebanyakan orang terbukti kurang mengonsumsi serat yang cukup. Serat memiliki manfaat yang baik untuk mencegah tubuh terhindar dari penyakit kronis.

Melansir dari laman Milk and Honey Nutrition, 1 sendok teh chia seeds setara dengan 5gram serat. Dengan mengonsumsi chia seed secara rutin dapat meningkatkan jumlah serat dalam tubuh.

Baca Juga: Bisa Bikin Ketiak Mulus, Kenali Apa Itu Treatment IPL dan Keuntungannya

Mudah menyerap cairan

Chia seeds memiliki sifat mudah menyerap cairan hingga 9 kali lebih dari beratnya. Ketika dilarutkan dalam susu atau air, chia seeds dapat dengan mudah menyerap air dan membentuk bentuk gel.

Karena sifatnya yang mudah menyatu dengan cairan, membuatnya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu menstabilkan tekanan darah dan gula dalam tubuh.

Pengganti telur

Melansir dari laman Heatlh Line, chia seed memiliki tekstur yang mudah menyerap air dan membentuk gel.

Karena bentuknya tersebut, chia seed sering digunakan sebagai makanan alternatif pengganti telur bagi orang-orang yang menganut plant-based diet.

Meminimalisir risiko penyakit kronis

Kandungan omega 3 yang banyak pada chia seed dibutuhkan bagi tubuh dan otak untuk bekerja dengan baik. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh juga dapat diminimalisasi dengan rutin mengonsumsi chia seed.

Selain itu sumber makanan ini juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Wah, ternyata memiliki banyak manfaat, itulah tadi beberapa fakta dan keuntungan mengonsumsi chia seed. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News