Keluarga

Bisa Cegah Hewan Datang, Simak 6 Manfaat Meletakkan Sabun Batang di Kebun

Bisa Cegah Hewan Datang, Simak 6 Manfaat Meletakkan Sabun Batang di Kebun

MOMSMONEY.ID - Ternyata, sabun batang punya manfaat yang lebih dari sekadar untuk cuci tangan dan membersihkan badan. Ini 6 manfaat meletakkan sabun batang di kebun Anda.

Melansir House Digest, ternyata sabun memiliki 6 manfaat lainnya untuk menjaga tanaman di kebun Anda. Mulai dari mengusir serangga hingga membasmi gulma.

Anda bisa menggunakan sabun batang yang masih baru atau sabun batang sisa. Supaya tak penasaran, ini 6 manfaat meletakan sabun batang di kebun untuk menjaga tanaman Anda dari segala gangguan:

Baca Juga: Cara Mengusir Tokek di Rumah, Cukup Pakai Bahan di Dapur Ini

1. Mencegah hewan datang ke halaman Anda

Beberapa hewan biasanya bisa merusak tanaman kesayangan Anda. Misalkan, ada anjing atau kucing tetangga yang bermain ke rumah Anda. Nah, Anda bisa menggunakan sabun batang di kebun Anda. 

Beberapa hewan memiliki penciuman yang tajam, dan aroma sabun yang segar cukup untuk mencegah mereka merusak tanaman Anda. Jadi, untuk kasus ini, Anda bisa mrmanfaatkan sabun batang yang memiliki aroma menyengat. 

Jika aroma sabun batang Anda mulai menipis, potong menjadi beberapa bagian untuk mengeluarkan lebih banyak aroma. 

2. Menjauhkan serangga dari kebun Anda

Ternyata, sabun batang juga bisa Anda manfaatkan untuk menjauhkan serangga dari kebun Anda. Sabun batang juga efektif mengusir lalat dari kebun Anda. 

Jika Anda menemukan lalat buah datang ke kebun Anda, basmi mereka dengan sabun batang. Cukup dengan meletakannya di dekat tanaman yang paling banyak bermasalah dengan serangga. 

Anda juga bisa menggunakan sabun batang untuk melapisi pintu dan jendela serta tempat lain yang menjadi tempat masuknya serangga. Jika Anda tak suka menggosokannya, gantungkan sabun batang dengan tali. 

Ditambah, dengan menggunakan sebatang sabun beraroma segar saat berkebun akan membantu menjauhkan nyamuk dari Anda. 

Baca Juga: Dari Alami hingga Ekstrem, Inilah 7 Cara Usir Tikus di Rumah sampai Mesin Mobil

3. Membasmi serangga yang ada di tanaman

Jika serangga menyerang kebun dan tidak bisa mengambilnya begitu saja, atau serangga sudah bertelur di tanaman Anda maka manfaatkan sabun batang.

Pastikan Anda benar-benar menggunakan sabun batang bukan sabun pencuci piring karena mengandung detergen yang merusak tanaman. 

Anda hanya perlu menyabuni dan menggosok dengan lembut busanya ke daun dan batang tanaman Anda.

Namun, tidak semua serangga bisa dibunuh dengan sabun. Hanya serangga kecil dengan tubuh yang lunak yang bisa Anda bunuh dengan cara ini. 

4. Gunakan sabun batang sebagai campuran cairan pengusir serangga

Jika tak mau menggosok setiap daun dengan busa sabun batang, Anda bisa memanfaatkan sabun batang sebagai campuran cairan pengusir serangga.

Anda hanya perlu melelehkan sabun batang dan campurkan dengan cairan pengusir serangga. Cara ini bukan untuk membunuh serangga namun sifat lengket pada sabun membuat cairan pengusir serangga ini  menempel lebih baik ke tanaman Anda. 

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms! Inilah Cara Membasmi Nyamuk secara Alami di Rumah

5. Tambahkan sabun batang ke kompos 

Anda juga bisa memanfaatkan sabun batang sebagai campuran kompos untuk mengusir serangga yang menjengkelkan. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk melawan jamur. 

Manfaatkan sisa sabun batang Anda untuk dijadikan campuran kompos. Jangan gunakan sabun batang yang masih baru. Tapi, pastikan sabun Anda tidak memiliki pewarna atau pengharum buatan karena bisa merusak kompos. 

Gunakan sabun batang sisa untuk kulit sensitif. Jenis sabun ini yang paling cocok untuk dijadikan campuran kompos.

6. Membunuh gulma

Mencabut gulma adalah pekerjaan yang paling membosankan untuk dilakukan. Tapi, ini penting untuk menjaga tanaman Anda tetap rapi dan bersih. 

Sebelum menggunakan bahan kimia yang keras, manfaatkan sabun batang untuk membuat pembasmi gulma sendiri.

Walaupun banyak yang merekomendasikan menggunakan sabun cuci piring, sebaiknya Anda menggunakan sabun batang yang tidak memiliki kandungan pembersih keras. 

Anda bisa melelehkan sabun batang dengan api kecil sambil sering diaduk supaya tidak gosong. Kemudian, campur sabun dengan sedikit cuka putih di dalam botol semprot.

Mungkin Anda membutuhkan satu ons sabun untuk satu galon cuka. Semprot langsung pada gulma atau langsung siram pada tanah tempat gulma tumbuh. 

Demikian 6 manfaat sabun batang untuk menjaga tanaman di kebun Anda dari gangguan yang bisa merusaknya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News