Keluarga

Bikin Rumah Sehat dan Cantik, Ini Dia Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah!

Bikin Rumah Sehat dan Cantik, Ini Dia Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah!

MOMSMONEY.ID - Sejak dulu, mungkin Anda sudah sering mendengar beragam manfaat sinar matahari untuk manusia, mulai dari segi kesehatan fisik hingga mental.

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, sinar matahari juga dapat mendatangkan banyak manfaat untuk rumah atau hunian. Oleh karena itu, penting bagi suatu rumah untuk mendapatkan pencahayaan alami dari matahari sebanyak-banyaknya.

Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari keberadaan sinar matahari di rumah? Dilansir dari Sheer Homes, Cherwell UK, dan Alure.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Keren, Yuk Kenali Gaya Interior Industrial!

Menghemat energi dan pengeluaran

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari yang masuk ke rumah bisa membantu mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Nah, rumah Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup di siang hari, maka Anda tidak perlu banyak-banyak menggunakan lampu untuk menerangi rumah. Selain menghemat energi, Anda juga dapat menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan listrik.

Mempercantik rumah

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dapat membantu menonjolkan interior rumah dan mempercantik penampilan rumah Anda.

Selain itu, jika memasuki jam-jam tertentu, sinar matahari yang masuk ke rumah Anda bisa terlihat sangat cantik sehingga akan bagus jika difoto. Anda pun bisa mendapatkan foto yang instagrammable tanpa perlu repot-repot mencari pencahayaan tambahan.

Meningkatkan kesehatan fisik penghuni rumah

Selain mempercantik rumah, sinar matahari tetap dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia yang menghuni rumah tersebut.

Banyak sekali manfaat dari sinar matahari untuk kesehatan manusia, seperti mengurangi mata yang lelah akibat ruangan yang gelap, meningkatkan kualitas tidur, mendapatkan asupan vitamin D, meningkatkan imun, hingga menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Baca Juga: Hindari 3 Kesalahan Desain Laundry Room Supaya Mencuci Lebih Mudah

Meningkatkan suasana hati penghuni rumah

Tak hanya kesehatan secara fisik, sinar matahari yang masuk ke rumah juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental penghuninya.

Misalnya, sinar matahari dapat membantu meningkatkan fokus sehingga lebih produktif, mengurangi kecemasan dan stres, serta meningkatkan suasana hati sehingga merasa lebih bahagia.

Membantu menyehatkan tanaman hias di rumah

Sama seperti tanaman hias yang diletakkan di luar rumah, tanaman hias indoor juga membutuhkan sinar matahari yang cukup supaya bisa tumbuh dengan sehat.

Supaya manfaat yang didapatkan maksimal, ketahui apakah tanaman indoor Anda membutuhkan banyak sinar matahari. Jika tanaman Anda tidak memerlukannya, cukup letakkan tanaman indoor di tempat yang teduh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika rumah mendapatkan sinar matahari yang optimal. Jadi, jangan anggap sepele masalah pencahayaan alami di rumah, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News