Keluarga

Hindari 3 Kesalahan Desain Laundry Room Supaya Mencuci Lebih Mudah

Hindari 3 Kesalahan Desain Laundry Room Supaya Mencuci Lebih Mudah

MOMSMONEY.ID - Laundry room alias ruang binatu merupakan salah satu ruangan yang cukup esensial di rumah. Pasalnya, ruangan ini berfungsi sebagai area untuk mencuci dan membereskan pakaian kotor yang menumpuk di rumah.

Dengan laundry room yang didesain dengan baik, kegiatan mencuci pakaian bisa terasa lebih ringan dan mudah.

Supaya laundry room di rumah Anda bisa berfungsi dengan maksimal, ada beberapa kesalahan dalam mendesain laundry room yang perlu dihindari. Dirangkum dari Real Homes, Houzz, dan Realtor, berikut beberapa di antaranya.

Pencahayaan dan ventilasi yang minim

Mirip seperti kamar mandi, laundry room juga butuh pencahayaan dan ventilasi yang baik karena aktivitas di dalam ruangan ini umumnya menghasilkan banyak kelembapan, sehingga jamur dan lumut rentan muncul.

Laundry room yang sempit dan lembap juga akan membuat aktivitas mencuci menjadi kurang nyaman. Anda akan sulit memisahkan warna pakaian, sulit melihat sekitar sehingga mudah tersandung, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Benda Rumah Tangga Ini Bisa Dipakai Ulang!

Oleh karena itu, jika Anda mendesain laundry room di ruangan tertutup, pastikan ada sumber pencahayaan (baik sinar matahari atau lampu) serta ventilasi yang baik.

Tidak memikirkan ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan di laundry room cukup penting, sebab ada berbagai barang yang biasanya disimpan di ruangan ini. Misalnya, ada stok deterjen, pelembut pakaian, pewangi pakaian, hingga wadah untuk menampung pakaian kotor dan pakaian bersih yang baru selesai dicuci.

Jika tidak ada ruang penyimpanan yang cukup, laundry room akan mudah terlihat berantakan dan penuh sehingga menyulitkan Anda saat bergerak di dalamnya.

Jadi, maksimalkan laundry room di rumah Anda dengan menambahkan beberapa area penyimpanan, seperti rak, lemari, hingga gantungan. Jika area laundry Anda cukup kecil, Anda bisa memilih wall storage yang tidak memakan banyak tempat di lantai.

Baca Juga: Bikin Rumah Makin Keren, Yuk Kenali Gaya Interior Industrial!

Tidak menjadikan ruangan multifungsi

Laundry room tidak harus melulu digunakan untuk mencuci pakaian kotor. Justru, ruangan ini bisa menjadi area yang multifungsi di rumah, lo.

Misalnya, jika ada area yang cukup, Anda bisa menambahkan jemuran baju dan tempat khusus untuk menyetrika setelah pakaian selesai dicuci.

Atau, gunakan ruang yang tersisa untuk menyimpan berbagai produk dan alat kebersihan rumah lainnya, seperti vacuum cleaner, pel lantai, sapu, dan lain-lain. Hal ini akan membuat laundry room menjadi lebih fungsional.

Itulah beberapa kesalahan yang umum terjadi saat mendesain laundry room. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News