Keluarga

Bikin Kulit Awet Muda, Ini 6 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap yang Patut Anda Biasakan

Bikin Kulit Awet Muda, Ini 6 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap yang Patut Anda Biasakan

MOMSMONEY.ID - Inilah enam manfaat tidur di ruangan gelap yang patut Anda biasakan.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa salah satu solusi untuk mencapai kualitas tidur yang baik yaitu dengan menjaga ruangan tetap gelap.

Bukan tanpa alasan, tidur di ruangan gelap sangat disarankan karena menyimpan beragam manfaat positif yang belum banyak orang ketahui.

Melansir iSense, berikut enam manfaat tidur di ruangan gelap bagi kesehatan, mental, maupun kecantikan kulit.

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Penyakit Kulit di Area Paha yang Harus Anda Tahu

1. Memudahkan tidur

Salah satu manfaat tidur di ruangan gelap adalah membantu Anda untuk lebih mudah tertidur. Menurut pakar tidur, kegelapan membantu merangsang produksi melatonin atau hormon tidur. Dengan tidur di ruangan gelap, itu akan membantu Anda untuk tetap tertidur sampai Anda menyelesaikan semua siklus tidur.

Selain itu, kegelapan juga mampu meningkatkan relaksasi yang membantu Anda untuk tertidur dengan cepat.

Ingat, otak sangat sensitif dan dapat mendeteksi cahaya sekecil apapun serta menghentikan produksi melatonin yang berperan besar dalam meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, pastikan Anda mematikan semua lampu agar lebih mudah tertidur.

2. Mempertahankan berat badan yang sehat

Tidur dalam kegelapan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Sebaliknya, tidur dalam keadaan terang bisa meningkatkan berat badan hingga 50%, menurut beberapa penelitian ilmiah. Para ahli mengungkapkan bahwa cahaya dapat mengubah proses metabolisme dengan memperlambatnya. Akibatnya, berat badan cenderung bertambah karena tubuh tidak mengubah lemak menjadi energi.

Di sisi lain, tidur di ruangan gelap akan mempercepat metabolisme. Artinya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori sehingga memungkinkan Anda untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

3. Menurunkan kemungkinan diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di sekolah kedokteran Northwestern University Feinberg mengungkapkan bahwa tidur dalam kegelapan dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Studi tersebut juga menemukan bahwa tidur di ruangan bercahaya bisa menyebabkan resistensi insulin. Sehingga, peluang terkena diabetes pun akan ikut meningkat.

Guna menurunkan kemungkinan terkena penyakit yang mematikan ini, studi tersebut merekomendasikan kita untuk tidur di ruangan gelap alih-alih terang.

Baca Juga: 6 Tips Berhubungan Seks Setelah Melahirkan biar Tidak Terasa Sakit

4. Meningkatkan fokus mental

Tidur di ruangan gelap dapat membantu meningkatkan fokus mental Anda lho. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kualitas tidur tanpa gangguan selama minimal 6 jam, sehingga fokus dan kewaspadaan mental Anda bisa meningkat pada siang hari.

Menurut para sleep expert, setiap siklus tidur membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Artinya, Anda memerlukan setidaknya 6 jam untuk menyelesaikan semua siklus tidur. Nah, dengan tidur dalam kegelapan, itu akan memastikan Anda menyelesaikan semua siklus tidur yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus mental Anda.

Saat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, kemungkinan Anda menderita gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres pun akan berkurang.

5. Melindungi mata

Tak hanya membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tidur dalam kegelapan juga mampu memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan mata Anda.

Kegelapan penting untuk mata karena membantu melindungi sekaligus memastikan mata beristirahat dengan baik.

Itulah mengapa anak-anak yang tidur di ruangan gelap cenderung tidak menderita kondisi mata seperti rabun jauh.

6. Melindungi kulit dari penuaan

Anda perlu membiasakan diri untuk tidur di kamar yang gelap jika menginginkan kulit yang tampak lebih muda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur dalam gelap membantu meningkatkan regenerasi sel untuk menjaga kulit lebih muda.

Ketika tubuh Anda dalam keadaan istirahat total, regenerasi sel akan ditingkatkan dan membantu memperlambat proses penuaan.

Demikian 6 manfaat tidur di ruangan gelap yang sayang untuk Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News