Keluarga

6 Tips Berhubungan Seks Setelah Melahirkan biar Tidak Terasa Sakit

6 Tips Berhubungan Seks Setelah Melahirkan biar Tidak Terasa Sakit

MOMSMONEY.ID - Simak baik-baik, ini 6 tips berhubungan seks setelah melahirkan agar tidak terasa sakit.

Umumnya, dokter menyarankan untuk menunggu 4-6 minggu setelah melahirkan sebelum kembali berhubungan seks. Ini dilakukan untuk mencegah infeksi atau pendarahan.

Mengutip Alodokter, wanita boleh berhubungan seks saat darah pasca persalinan berhenti mengalir dan luka jahitan sudah pulih.

Setelah Anda merasa siap untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah rasa sakit yang mungkin datang akibat seks pascapersalinan.

Sebagaimana dilansir dari Insider, berikut 6 tips berhubungan seks setelah melahirkan agar tidak terasa sakit:

Baca Juga: 7 Tanda Kecanduan Seks yang Harus Anda Waspadai, Catat Ya!

1. Lakukan perawatan rumahan sebelum dan sesudah seks

Jika Anda biasa menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas untuk membantu mengatasi nyeri pasca persalinan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk meminumnya sebelum berhubungan seks.

Untuk membantu merilekskan tubuh Anda sebelum berhubungan seks, mandi air hangat sangat disarankan.

Apabila rasa sakit dan perih muncul setelah berhubungan seks, coba oleskan es yang sudah dibungkus handuk ke area yang terasa sakit guna membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan.

2. Coba posisi seks yang berbeda

Jika posisi seks yang biasa Anda terapkan menyebabkan rasa sakit, maka cobalah posisi seks yang berbeda.

Anda mungkin perlu bereksperimen dengan beberapa posisi sebelum menemukan salah satu yang mampu menghilangkan tekanan pada area yang sakit.

Kendati begitu, pastikan posisi seks tersebut tetap memungkinkan Anda untuk mengontrol kedalaman penetrasi dan memberikan kesenangan yang Anda butuhkan, ya.

3. Pakai lubricant

Sering kali, perubahan hormon yang terjadi pada tubuh disebabkan oleh fluktuasi hormon. Ketika hal ini terjadi pada masa nifas, beberapa wanita mengalami kekeringan vagina.

Dengan menggunakan lubricant atau pelumas, itu dapat membantu mengatasi kekeringan pada vagina dan menjadikan seks tidak terlalu menyakitkan.

Baca Juga: Selain Indah, 5 Batu Kristal Ini juga Bagus untuk Merawat Kecantikan Kulit

4. Jangan takut bereksperimen

Jangan takut bereksperimen dengan rangsangan oral atau manual terutama jika Anda mengalami nyeri akibat penetrasi.

Siapa tahu, Anda akan mengalami lebih banyak kesenangan dan orgasme yang lebih baik dengan cara seperti ini.

5. Lakukan pelan-pelan

Bukan waktunya untuk seks yang intens atau agresif setelah melahirkan. Seperti kebanyakan hal pada periode pascapersalinan, seks yang lambat namun mantap akan jauh lebih baik.

Alih-alih berhubungan seks secara tergesa-gesa, sebaiknya luangkan waktu ekstra untuk menjelajahi satu sama lain dan terlibat dalam sedikit foreplay.

Tunggu sampai tubuh Anda terasa rileks sebelum melakukan penetrasi. Jika Anda stres atau cemas, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi terangsang.

6. Lakukan kegel secara rutin

Hanya karena Anda sudah tidak lagi hamil, bukan berarti Anda harus berhenti melakukan kegel. Ingat, masa nifas adalah waktu yang penting untuk memperkuat otot dasar panggul.

Dengan melakukan kegel secara rutin, otot dasar panggul Anda akan menjadi kencang. Pada gilirannya, otot dasar panggul yang kencang akan menciptakan hubungan seks pascapersalinan yang lebih baik.

Demikian 6 tips berhubungan seks setelah melahirkan agar tidak terasa sakit. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News