HOME, Santai

Bikin Insecure! Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Area Kewanitaan yang Menghitam

Bikin Insecure! Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Area Kewanitaan yang Menghitam

MOMSMONEY.ID - Kondisi gelapnya daerah kewanitaan tentunya membuat wanita semakin insecure dan kehilangan kepercayaan diri. 

Daerah lipatan yang berada pada area kewanitaan juga menjadi salah satu daerah yang rawan menghitam. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab menghitamnya daerah kewanitaan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Manfaat Minum Kopi Secara Rutin untuk Kesehatan Rambut

Gesekan

Gesekan menjadi faktor utama mengapa daerah kewanitaan bisa menghitam. Gesekan dari celana dalam yang digunakan dengan kulit bisa menyebabkan daerah kulit menjadi menghitam.

Menggunakan celana dalam yang ketat juga bisa menyebabkan kurangnya sirkulasi udara di bagian tersebut. Akibatnya bisa membuat area bagian tersebut menjadi menghitam.

Perubahan hormone

Tak hanya dari faktor eksternal, faktor internal seperti perubahan hormone juga bisa menjadi penyebab area kewanitaan menghitam.

Sel-sel yang ada di daerah kewanitaan adalah sel yang sensitive terhadap operubahan hormone. Terutama peningkatan hormone esterogen yang meningkatkan pigmen warna kulit di sekitar area kewanitaan.

Infeksi

Vaginal infection bisa menjadi satu penyebab daerah kewanitaan menghitam. Vagina merupakan salah satu bagian yang paling sensitive dalam tubuh wanita. 

Baca Juga: 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

Hal tersebut membuat infeksi rentan terjadi di daerah vagina. Yang lama kelamaan bisa membuat vulva dan area kewanitaan menghitam.

Usia

Usia juga berperan penting sebagai faktor yang membuat daerah kewanitaan menghitam. Vagina akan terus berubah seiring bertambahnya umur.

Yang lama kelamaan juga bisa membuat area tersebut menghitam. Hal tersebut dikarenakan area kewanitaan sudah banyak mengalami beragam jenis perubahan hormone seiring bertamabahnya usia.

Menghitamnya area kewanitaan merupakan hal yang normal karena disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk menjaga agar daerah kewanitaan tetap dalam kondisi bersih dan sehat, sebaiknya tidak menggunakan produk produk yang mengandung banyak bahan kimia.

Menjaga kadar pH yang baik juga perlu dilakukan sambil tetap menggunakan produk perawatan yang aman bagi vagina. Di samping itu mengkonsumsi makanan yang sehat juga bisa membantu menjaga kesehatan area intim.

Selanjutnya: Kebutuhan Anak Paling Utama dalam Generasi Sandwich

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News