Kebutuhan Anak Paling Utama dalam Generasi Sandwich

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 29 Oktober 2021 | 07:17 WIB
Kebutuhan Anak Paling Utama dalam Generasi Sandwich

ILUSTRASI. Dalam generasi sandwich, memenuhi kebutuhan anak adalah prioritas utama. Baru setelahnya memikirkan biaya hidup orang tua (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

MOMSMONEY.ID - Sebagai generasi sandwich yang harus merawat orangtua dan anak-anak, Anda harus bisa menentukan kebutuhan siapa yang menjadi prioritas.  

Prita Ghozie, perencana keuangan ZAP Finance mengatakan, prioritas utama tetap kebutuhan anak. Pasalnya, anak merupakan tanggung jawab orang tuanya dan menentukan masa depan atau kehidupan mereka. 

Agar tidak kewalahan dalam merawat orangtua sekaligus anak dalam waktu bersamaan, maka penting untuk mengatur keuangan keluarga. Cara paling aman adalah menjadikan biaya perawatan orang tua dan anak sebagai  biaya rutin.

Jadi misalnya, biaya rutin kita Rp 5 juta dan kita harus mengirim ke orang tua Rp 2 juta maka biaya rutin yang harus dianggarkan sebesar Rp 7 juta.

Baca Juga: Sama-Sama Bekerja Guna Meringankan Beban Sandwich Generation

Untuk mencukupinya, harus mengevaluasi pendapatan kita. Prita bilang, berat jika hanya mengandalkan satu pendapatan saja di zaman seperti sekarang ini. "Oleh sebab itu kita harus mencari sumber pendapatan baru," kata Prita. 

Selain mencari pendapatan baru, tugas utama kita adalah menekan pengeluaran. Apalagi di tengah pandemi seperti ini yang membuat pendapatan menjadi berkurang. 

Jika pendapatan tidak berkurang, maka sekarang waktu yang tepat untuk menambah dana darurat. Jangan ketinggalan pula menambah asuransi kesehatan karena pandemi ini bisa mengancam kesehatan kita.

"Keluarga besar sebaiknya di cover BPJS Kesehatan agar tidak mengambil porsi dana darurat jika ada yang sakit," pesan Prita.
Selain itu, penting sejak dini untuk mengatur gaya hidup agar nantinya tidak membebani anak-anak. "Yang susah itu sebenarnya bukan mengatur keuangan, tetapi mengatur gaya hidup," ujar Prita.   

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Berbalik Menguat, Jumat (29/10)

 

             

Editor: Francisca bertha
Terbaru