Santai

Biar Aman, Simak 7 Tips Surfing bagi Pemula Berikut

Biar Aman, Simak 7 Tips Surfing bagi Pemula Berikut

MOMSMONEY.ID - Ingin mencoba olahraga surfing? Simak dulu beberapa tips surfing bagi pemula berikut ini.

Olahraga surfing adalah olahraga ekstrim yang tak bisa dilakukan secara sembarangan.

Soalnya, olahraga air ini bisa membahayakan diri jika dilakukan sembarangan.

Maka dari itu, sebelum memulai olahraga ini, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut, terutama bagi pemula:

Baca Juga: Walaupun Ekstrem, Ternyata Ini 6 Manfaat Surfing bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Ambil kelas

Jika tidak memiliki pengalaman dalam bermain surfing sama sekali, maka sebaiknya ambil kelas surfing dengan pelatih surfing.

Melalui kelas surfing, pemula akan diajarkan pemanasan, ilmu dasar, posisi tubuh, dan cara melakukan surfing dengan benar. Biasanya, kelas surfing bisa dilakukan dalam beberapa sesi tergantung permintaan.

Belajar berdiri

Kunci utama dan dasar dalam olahraga surfing adalah mampu untuk berdiri di atas papan surfing dengan seimbang. Untuk bisa berdiri di atas papan surfing juga bukan perkara mudah.

Butuh beberapa kali latihan agar bisa berdiri dengan posisi tubuh sempurna dan seimbang di atas papan surfing.

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Mainan Seks atau Sex Toys Secara Psikologis

Cari lokasi yang aman

Lokasi surfing yang aman bagi pemula adalah pantai yang menyediakan ombak kecil hingga sedang. Melansir dari laman House of Surf, biasanya peselancar ahli akan memilih ombak besar dan tinggi.

Sedangkan bagi pemula, sebaiknya menghindari ombak tersebut dan memulai dari ombak yang kecil atau sedang.

Hindari surfing sendirian

Sebagai pemula, ada baiknya untuk tidak melakukan olahraga ekstrim ini seorang diri. Sebaiknya ajak orang yang ahli dalam olahraga ini agar keamanan dan kenyamanan saat melakukan surfing dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga: Tips Persiapan untuk Ikut Lari Maraton Bagi Pemula

Gunakan papan berbahan lunak

Papan surfing pada umumnya terbuat dari bahan yang keras. Namun bagi pemula, sebaiknya hindari menggunakan papan surfing dengan bahan tersebut agar terhindar dari cedera yang disebabkan dari hantaman papan surfing.

Laman Men’s Health menjelaskan, papan surfing dengan bahan yang lunak merupakan papan yang cocok bagi pemula. Sebab, pemula masih belum mampu untuk menghindari cidera yang dikarenakan oleh papan surfing.

Gunakan pakaian nyaman

Pemula mungkin bingung harus menggunakan baju apa untuk memulai surfing. Sebagai saraan, sebaiknya gunakan baju yang nyaman.

Pilih baju renang yang bisa memberikan kehangatan dan kenyamanan sebab bermain surfing di air dalam jangka waktu lama bisa membuat tubuh menjadi mudah kedinginan.

Latihan rutin

Surfing merupakan olahraga yang bisa membuat ketagihan. Sehingga ketika sudah bisa menemukan ritme, maka latihan rutin bisa dilakukan untuk meningkatkan keahlian bermain surfing. Tetap perhatikan keamanan dan kenyamanan saat melakukan latihan, ya!

Itulah beberapa tips surfing bagi pemula yang bisa dipraktikkan saat ingin memulai olahraga surfing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News