Keluarga

Berencana Pulang Kampung? Ini 8 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Mudik Lebaran

Berencana Pulang Kampung? Ini 8 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran.

Pemerintah telah menetapkan tanggal cuti bersama Lebaran 2023 maju menjadi mulai dari 18 April 2023. Bagi Anda yang berencana mudik ke kampung halaman, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Mulai dari kondisi kesehatan, keuangan, hingga berbagai pencegahan patut kita lakukan agar selama mudik berlangsung, tak ada hal buruk terjadi.

Nah, MomsMoney menghadirkan sederet hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran, dilansir dari Tiket.com, selengkapnya.

Baca Juga: Kapan Libur Lebaran? Ini Daftar Cuti Bersama hingga Hari Besar April 2023

Transportasi

PESAWAT BATIK AIR

Hal pertama yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran ialah memilih transportasi yang diinginkan. Jenis transportasi yang dipilih ini nantinya akan menentukan jadwal keberangkatan hingga tiket yang akan dibeli.

Jika Anda memilih transportasi darat dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka yang harus Anda persiapkan mulai dari bensin hingga mesin kendaraan itu sendiri.

Apabila memilih kendaraan umum, baik pesawat, kereta, ataupun kapal laut, maka perhatikan tiket yang harus dibeli dari jauh-jauh hari.

Catatan bagi Anda yang memilih kendaraan umum, pikirkan juga kendaraan apa yang akan dipakai saat di kampung halaman nanti. Pastikan tersedia motor/mobil di kampung halaman Anda apabila ada niat untuk berjalan-jalan selama berada di kampung halaman.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Ide Hampers Lebaran untuk Teman dan Saudara

Booking tiket

Hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran selanjutnya adalah booking tiket.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan sarana kendaraan umum sebagai transportasi mudik, maka booking lah tiket dari minimal 1 bulan sebelum Hari Lebaran tiba.

Semakin dekat dengan Hari Lebaran, maka tiket biasanya akan habis diburu. Kalaupun tersedia, biasanya harga akan semakin mahal.

Baca Juga: Berencana Libur Lebaran? Simak 5 Kesalahan saat Liburan yang Harus Dihindari

Atur biaya pengeluaran

Ilustrasi menabung

Hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran adalah pengeluaran Anda.

Cobalah untuk memperkirakan estimasi biaya mudik Lebaran, mulai dari booking tiket (kereta/pesawat), mencari tempat penginapan, biaya tol dan bensin jika ada, hingga biaya tak terduga seperti membeli makanan dan minuman selama perjalanan mudik berlangsung.

Selalu catat setiap pengeluaran agar biaya mudik Lebaran jadi lebih terkontrol tanpa takut boros.

Baca Juga: Anti Boros, Inilah 6 Tips Menghemat Uang Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

Kemas seluruh barang penting

ARUS MUDIK IMLEK DI BANDARA SUPADIO

Hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran adalah mengemas barang-barang yang dianggap penting.

Pastikan Anda membawa baju, celana, pakaian dalam, peralatan mandi, kunci rumah, dan peralatan penting lainnya. Ingat, Anda tak perlu mengemas barang yang tak penting karena hanya akan membuat bagasi jadi penuh.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Biskuit Kaleng Khas Lebaran untuk Parsel Hari Raya

Bawa bekal makanan dan obat-obatan

Membawa bekal makanan & obat-obatan adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran.

Tentu Anda tak mau jika kelaparan & kehausan selama perjalanan mudik berlangsung? Maka dari itu, selalu sediakan makanan kecil sebagai persiapan selama di perjalanan.

Bawalah makanan mungil yang mudah dibawa seperti roti ataupun makanan siap saji lainnya. Jangan lupa selalu bawa botol minum agar tak dehidrasi. Ini untuk menekan biaya yang dikeluarkan selama perjalanan mudik lebaran.

Untuk pencegahan, jangan lupa bawa obat-obatan sesuai dengan riwayat kesehatan Anda, seperti obat maag, obat penghilang nyeri, betadine, plester penutup luka, hingga inhaler asma.

Baca Juga: 6 Tradisi Lebaran Idul Fitri di Indonesia yang Dilakukan Hampir Setiap Tahun

Cek seluruh rumah sebelum pergi

Hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran adalah mengecek seluruh rumah sebelum Anda benar-benar pergi mudik.

Jangan lupa untuk mematikan seluruh aliran listrik, mengunci pintu, hingga mempersiapkan barang-barang sensitif, agar terhindar dari bencana yang tak diinginkan seperti kemalingan, kebakaran, ataupun banjir yang tak terduga.

Pakai pakaian kasual

Rekomendasi Baju Anak yang Nyaman Untuk Beraktivitas Selama Ramadan

Menjelang mudik Lebaran, hal yang harus dipersiapkan adalah pakaian yang dikenakan tubuh.

Saat akan mudik lebaran, sebaiknya anda menggunakan pakaian kasual untuk mempermudah perjalanan berlangsung. Selain nyaman di tubuh, pakaian kasual juga membuat Anda lebih mudah bergerak kesana kemari.

Baca Juga: Daftar Negara dengan Waktu Terlama dan Tercepat Puasa Ramadan 2023, Indonesia Berapa?

Siapkan fisik dan mental

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran, hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran tentu adalah fisik & mental.

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima, cukup makan dan minum, serta tak kelelahan. Ini untuk meminimalisir tupuh ngedrop saat masih berada dalam perjalanan mudik.

Kurangi aktivitas berat dan perbanyak konsumsi vitamin agar tubuh kembali fit.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang mudik Lebaran. Bagi Anda yang berencana akan mudik, jangan lupa siapkan hal-hal di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News