HOME, InvesYuk

Berapa Lama Waktu Berinvestasi? Simak Penjelasannya!

Berapa Lama Waktu Berinvestasi? Simak Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Moms, masih bingung sebenarnya berapa lama waktu investasi itu? Yang perlu Moms tahu jangka waktu investasi menyesuaikan dengan tujuan penggunaan dana yang diinvestasikan. 

Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi membagi time frame investasi menjadi tiga, yaitu jangka pendek, sedang, dan panjang. 

Pertama, jangka pendek berkisar antara satu hingga dua tahun. Investor yang cocok dengan time frame ini adalah mereka yang tidak terlalu memikirkan pengembangan dana investasi atau tingkat return kurang dari 5%. Bisa dibilang bunganya rendah.

Baca Juga: Pria dan Wanita Kini Sama-Sama Berani dalam Memutuskan Investasi

"Contohnya investasi di deposito dan reksadana pasar uang, " kata Eko. 

Kedua, jangka menengah, yakni berkisar dua hingga lima tahun. Berinvestasi di waktu ini boleh mengharapkan pengembangan dana investasi, tetapi masih harus memikirkan risiko investasi. 

Saran Eko, investor bisa memilih investasi dengan risiko kecil dan menengah. Sementara produk investasinya obligasi atau pun logam mulia seperti emas. "Tingkat return berkisar antara 8%-10%" kata Eko. 

Ketiga, adalah investasi jangka panjang, yakni di atas 5 tahun. Pada jenis ini, investor boleh memikirkan investasi dengan pengembangan dana tinggi. Paslanya tingkat return bisa di atas 10%. 

Namun, Eko mewanti-wanti dengan tingkat return yang tinggi, resiko yang dihadapi juga akan tinggi. Contohnya pada investasi seperti saham atau reksadana saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News