Keluarga

Berapa Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membeli Peralatan Kopi Lengkap Di Rumah?

Berapa Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membeli Peralatan Kopi Lengkap Di Rumah?

MOMSMONEY.ID -  Bagi pecinta kopi punya sudut peralatan kopi lengkap di rumah pasti sangat menyenangkan. Tetapi berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan kopi lengkap? 

Melansir Ruparupa, beberapa peralatan kopi pembuat espresso hanya untuk kebutuhan rumah memiliki harga beragam. Mulai dari Rp 1,7 juta hingga Rp 8 jutaan. Sedangkan mesin pembuat kopi jenis americano dibanderol lebih murah, mulai dari Rp 200.000 saja.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Kasur Anda dan Membeli Kasur Baru?  

Apabila Anda lebih suka kopi sejenis americano atau long black, Anda cukup membeli cofee maker. Biasanya alat ini sudah dilengkapi dengan teko sebagai wadah penampung. Anda hanya membutuhkan dana sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000 saja. 

Namun jika Anda ingin memiliki sudut kopi yang bisa untuk membuat cappuccino dan caffe latte, maka peralatan yang dibutuhkan lebih banyak. Anda harus memiliki grinder untuk menggiling biji kopi, mesin espresso rumahan dan frother susu. 

Jika Anda ingin punya sudut kopi seperti di atas, Anda bisa membeli timbangan digital mulai dari Rp 149.900, frother susu mulai dari Rp 235.600, grinder mulai dari Rp 329.900 dan mesin espresso mulai dari Rp 1.499.000. 

Namun jika Anda suka kopi dengan metode manual brew, Anda perlu membeli alat yang mendukung. Seperti grinder, alat pouring V60 mulai dari Rp 360.000, kertas filter V60 mulai dari Rp 50.000 isi 40 lembar, dan kettle atau teko mulai dari Rp 200.000.

Baca Juga: 6 Ragam Profesi Dokter Spesialis Ini Diungkap Dalam Drama Korea, Cari Tahu yuk

Nah jika ditotal, biaya minimal yang dibutuhkan untuk membuat sudut kopi dengan peralatan lengkap mulai dari Rp 300.000 hingga sekitar Rp 2,2 juta. Biaya ini belum termasuk milk jug atau wadah untuk memanaskan susu dan biji kopi favorit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News