Bugar

Beragam Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit yang Bisa Anda Coba

Beragam Cara Mengatasi Gatal Pada Kulit yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Gatal pada kulit merupakan kondisi yang sudah biasa terjadi, terutama pada lansia. Gatal pada kulit bisa terjadi pada satu area kulit atau bahkan terjadi pada seluruh tubuh.

Cara mengatasi gatal pada kulit bisa dilakukan dengan mandi dan mengoleskan pelembap, hingga menggunakan obat-obatan dari dokter. 

Kondisi gatal pada kulit ini bisa disebabkan oleh kulit kering, alergi, infeksi, gigitan serangga, kudis, psoriasisatau dermatitis atopik.

Baca Juga: Catat! Tips Menyembuhkan Cacar Air Dengan 5 Tanaman Herbal Ini

Sebagai pertolongan pertama, seperti dilansir dari Skin Health, beriku tini adalah beberapa cara mengatasi gatal pada kulit yang bisa Anada coba, antara lain: 

Kunyit

Cara mengatasi gatal pada kulit yang pertama dengan menggunakan kunyit. Senyawa ini bisa membantu mengobati peradangan dan gatal pada kulit. 

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. 

Gunakan pelembap

Cara mengatasi gatal pada kulit yang kedua adalah menggunakan pelembap. Gatal pada kulit juga bisa diatasi dengan mengoleskan pelembap ke kulit setelah Anda mandi. 

Namun pilihlah pelembap dengan formula yang lembut di kulit dan tanpa tambahan bahan pewangi.

Baca Juga: Tidak Cuma untuk Mata, Ini Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Minyak kelapa 

Cara mengatasi gatal pada kulit yang selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga bisa menghilangkan rasa sakit karena peradangan. 

Mengoleskan minyak kelapa juga membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan pemicu gatal pada kulit.

Kompres air dingin

Cara mengatasi gatal pada kulit yang terakhir adalah menggunakan kompres dengan air dingin. 

Anda dapat meletakkan kompres air dingin ke area yang terasa gatal selama kurang lebih 10 menit atau hingga rasa gatal menghilang. 

Jika cara mengatasi gatal pada kulit tersebut tidak dapat menangani keluhan gatal yang Anda alami, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News