HOME, Bugar

Tidak Cuma untuk Mata, Ini Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Tidak Cuma untuk Mata, Ini Segudang Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Wortel memang dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat utama wortel adalah untuk kesehatan mata.

Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin A yang melimpah dari wortel. Namun bukan hanya untuk mata, wortel juga mengandung banyak nutrisi lain untuk kesehatan tubuh.

Kandungan wortel antara lain beta karoten, antioksidan, kalium, serat, dan vitamin K adalah beberapa nutrisi yang melengkapi sayuran wortel, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Selain kandungannya itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Menurunkan risiko kanker

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa menurunkan risiko kanker. Kanker berawal dari pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkendali.

Meski tidak langsung mencegah kanker, beberapa makanan yang kaya akan antioksidan mungkin bisa mengurangi risikonya. 

Wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen. Kandungan antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukemia.  

Menurunkan kolesterol

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah menurunkan kolesterol. Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin.

Kandungan itulah yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di AS pun membuktikan hal tersebut. 

Para peneliti mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi dalam tiga minggu percobaab. Hasilnya, para peserta benar-benar mengalami penurunan kadar kolesterol. 

Membuat kulit lebih sehat

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah membuat kulit lebih sehat. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, jus wortel bisa jadi solusi alami yang tepat.

Pasalnya, vitamin C pada wortel mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit. 

Selain itu, beta karoten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mempercepat proses pemulihannya.

Baca Juga: Pengidap Insomnia Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh agar Bisa Cepat Tidur

Mencegah penyakit dan kerusakan mata

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah mencegah penyakit dan kerusakan mata. Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata.

Manfaat ini dapat membantu mencegah sejumlah masalah pada mata, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan penglihatan seperti mata minus, rabun dekat, dan astigmatisme. 

Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein pada wortel bisa membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor ini.  

Baik bagi penderita diabetes

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah baik dikonsumsi penderita diabetes. Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat.

Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa. Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah.

Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan. Makanan berindeks glikemik rendah bermanfaat untuk penderita diabetes. 

Demikian beberapa manfaat wortel bagi kesehatan Anda. Sayuran ini memang kaya manfaat karena mengandung nutrisi yang melimpah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News